HONDA GRAND 1993 – PERPADUAN KAYU ULIN, KAYU KEBULI, BAMBU & BATOK KELAPA

Ejekan dari beberapa teman sering ia terima saat membangun motor kustom yang cukup unik ini. “Mereka mengejek karena saya membuat motor kustom dari rongsokan ditambah sebagian part dan aksesoris nya dari bahan kayu Ulin, tempurung kelapa dan bambu,” ungkap Sugiharto, builder workshop Gie Custom Handmade. Ejekan tersebut tidak mejadikan Sugi patah semangat, justru ia terima sebagai pecut untuk segera menghasilkan karya dari hasil ide sendiri.

Motor kustom miliknya memang unik karena di beberapa part dan aksesorisnya melibatkan sentuhan material kayu. “Awalnya saya melihat kebanyakan motor kontes menggunakan bahan besi, dari situlah awalnya terbersit ide untuk membangun motor kustom dengan konsep yang berbeda yaitu dengan sentuhan kayu,” ungkap Sugiharto. Dan motor Honda Grand langsiran 1993 jadi pilihan media untuk mewujudkan ide motor kustom dengan sentuhan kayu oleh pria yang juga mempunyai bakat seni semenjak SD tersebut.

“Motor grand ini awalnya mangkrak seperti rongsokan. Kemudian perlahan mulai saya kerjakan sendiri dengan konsep chopper,” kata Sugi. Tingkat kesulitan saat membangun motor ini adalah waktu yang sering berbenturan. “Motor ini sempat molor dari jadwal yang sudah ditentukan akibat saya sering diminta bantuan keluar kota untuk kerjaan yang berhubungan dengan seni,” papar Sugi.

Perubahan total di motor kustom ini diakui hampir 80%. “Frame saya rubah. Potong di bagian belakang dan depan komstir yang kemudian saya kustom dengan motif daun,” kata Sugi. Sepakbor belakang dari kayu ulin, jok juga kustom dari kayu ulin.

Tempurung kelapa ia aplikasikan di sektor headlamp, stoplamp. Kemudian bagian sein, handgrip, tutup dinamo, velocity karbu, cover shockbreaker kustom dari bambu. “Nah cover gir depan dan cover aki kanan kiri saya pakai kayu Kebuli,” kata Sugi. Ia mengatakan jika kayu Kebuli merupakan jenis kayu langka yang sulit buat didapatkan.   

Tidak cukup sampai disitu, ia juga mengukir semua part yang terbuat dari kayu, tempurung kelapa dan bambu tadi, bahkan kaca spion pun ia ukir. “Ukiran yg saya buat kombinasi ukiran dayak, jawa dan logo gecko mataram,” papar Sugi.

Satu setengah tahun waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan karya masterpiece ini. Hasil jerih payah mambangun motor ditengah ejekan dari teman-teman ditebus dengan meraih prestasi demi prestasi di ajang kontes lokal motor kustom. “Motor ini ketika turun di kontes motor kustom sering dapat posisi display disebelah motor kustom yang ukurannya lebih besar. Dari situ saya namakan Little Duck atau bebek kecil,” kata Sugi.  

Jika dilihat secara seksama, choppy cub garapan Gie Custom Handmade ini memang sangat istimewa. Sang builder sangat memperhatikan detail di setiap part nya. Sebuah karya seni di motor kustom yang patut diapresiasi.

Selaras dengan tema Kustomfest 2017, No Boundaries yang diartikan tanpa batas dalam melahirkan sebuah karya kustom,Sugiharto berhasil mempersembahkan karya nyata interpretasi dari “No Boundaries” di motor kustom bikinannya.

 

Info & Specification :

OWNER : Sugiharto

BUILDER : Sugiharto

WORKSHOP NAME : Gie Custom Handmade

WORKSHOP ADDRESS : Jl. Propinsi RT 07 Kel. Sindang Sari Sambutan, Kaltim

PHONE NUMBER : 0821 4911 4596

EMAIL : hendry.mona17@gmail.com / gieharto09@gmail.com

 

BIKE NAME :

Little Duck

 

CATEGORY :

Choppy Cub

 

ACHIEVEMENT :

3rd Nitrohead < 250cc Choppy Cub Kustomfest 2017

                                                         

FRAME / CHASIS

Type : Handmade

Frame Builder : –

Production / Year : 2013

       

ENGINE

Type : Honda Grand (Custom Handmade Cover)

Capacity : –

Engine Builder : –

Production Years :1993

 

TRANSMISSION

Type : Custom Handmade Cover

Builder : Gie Custom Handmade

Primary Kit ( Clutch System ) : –

 

WHEELS & SUSPENSION

Front & Rear Wheels :

Front & Rear Tires :

Suspension System : Custom Handmade Cover

Brake System : Ride It

 

PIPES & EXHAUST

Exhaust System Pipes : Custom

Exhaust System Material : –

Exhaust System Builder : –

 

BODY WORKS & PAINTING

Body Works Material : Ulin Wood, Kebuli Wood, Bamboo, Coconut Shell

Body Works Artist : Gie Custom Handmade

Painting Material : Candy Tone Orange Black / Airbrush

Painting Artist : –

 

OTHER PARTS & ACCESSORIES

Seats : Ulin Wood (Custom Handmade)

Electrical : –

Main / Head Lamp : Coconut Shell (Custom Handmade)                      

Rear / Stop Lamp : –

Mid Controls : –

Bolt On Accessories : –

Handlebar : –

 

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply