PANDAWA MOTORBIKE – HONDA SUPRA X 2004 “SUNDEL BOLONG”

Motor kustom berbasis Honda Supra X 2004 berjuluk Sundel Bolong ini merupakan proyek garapan Pandawa Motorbike, custom workshop asal Surabaya yang didirikan oleh Hasan Law. “Saya dan Wiro (builder Pandawa Motorbike) tertantang untuk membuat karya baru. Sebab sudah tekad kami untuk bisa menjadi juara nasional di sebuah kompetisi,” buka Hasan selaku owner Pandawa Motorbike.

Dengan alasan tadi, Hasan Law sengaja memilih basis motor bebek (Honda Supra X) untuk dikonversi menjadi chopper. “Kenapa ? Sebab tak mudah untuk membuat chopper dengan basis mesin tidur, yang proporsional secara dimensi,” ungkap Hasan.

Giliran Wiro Hayat yang angkat bicara perihal konsep. “Untuk mengejar ukuran yang proporsional, kami membuatkan rangka sesuai dengan dimensi mesin, supaya tidak terlihat kedodoran. Dan karena kami menggunakan mesin Supra, maka konsep yang tepat adalah mini chopper,” kata Wiro.

Ia mengatakan bahwa jarak antar sumbu roda (wheelbase) saat diukur hasilnya 1.200 mm.  “Kurang lebih hampir sama dengan wheelbase Supra yang 1.234 mm, sebab meskipun pakai rangka baru, tapi posisi mesin tidak banyak berubah, supaya titik pusat massa tetap. Jadi handling tetap terjaga,” papar Wiro.

Soal nama Sundel Bolong, Hasan Law mengatakan, itu karena basis mesin yang dipakai diambil dari motor bebek, Honda Supra X yang cantik dan elegan. “Biar begitu, setelah kita ubah berubah jadi menyeramkan. Ya seperti Sundel Bolong lah. Cewek cantik yang bisa berubah wujud jadi menyeramkan,” kata Hasan.

Butuh 3 bulan untuk merampungkan proyek Sundel Bolong ini. Kerja keras tersebut tidak sia-sia, pada gelaran Kustomfest 2017 Sundel Bolong berhasil mendapat apresiasi dari media Australia (Tank Moto) dan Jepang (Chopper Journal) melalui Media Pick yang diberikan.

 

Info & Specification :

OWNER : Hasan Law

BUILDER : Wiro Hidayat

WORKSHOP NAME : Pandawa Motorbike

WORKSHOP ADDRESS : Jl. Sedati 5A, Betro, Sidoarjo, Jawa Timur

PHONE NUMBER : 082257890701

 

BIKE NAME :

Sundel Bolong

 

CATEGORY :

FFA

 

ACHIEVEMENT :

Best Pick Tank Moto & Chopper Journal Kustomfest 2017

 

FRAME / CHASIS

Type : Custom

Frame Builder : Pandawa Motorbike

       

ENGINE

Type : Honda Supra

Production Years : 2004

 

WHEELS, SUSPENSION & BRAKE

Front & Rear Wheels  DID

Front & Rear Tires 17-300 (F) &  14-500 (R)

Suspension System :  Telescop CB

 

PIPES & EXHAUST

Exhaust System Pipes : Custom

Exhaust System Material : Galvanis

 

BODY WORKS & PAINTING

Painting Artist : Tom Airbrush Sidoarjo

 

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply