Indian Motorcycle : The Spirit of Munro

streamliner-04

Streamliner – The Spirit of  Munro

Streamliner “The Spirit of  Munro” adalah penghargaan untuk pembalap dan mekanik legendaris Burt Munro yang telah membangun kejayaan dan mewariskan kinerja balap,  memecahkan rekor dunia dan menunjukkan kekuatan mesin Indian Motorcycle.

Motor  ini dinamakan “The Spirit of  Munro” sebagai penghormatan terhadap motor bersejarah Burt Munro “Munro Special,” Indian Scout tahun 1920 yang telah memecahkan rekor kecepatan darat di bawah 1000cc pada tahun 1967 di Bonneville Salt Flats dan dikenal luas setelah diangkat dalam film layar lebar “The World’s Fastest Indian.”

The Spirit of  Munro dirancang bangun oleh Jeb Scolman (Jeb’s Metal and Speed) di Long Beach, California. Perancangan ulang dilakukan secara total hingga melahirkan mesin mutakhir  Thunder Stroke 111  dengan tampilan kekuatan dan kinerja yang sangat menakjubkan.

Legenda Burt Munro

Burt Munro berasal dari Invercargill, Selandia Baru, telah menorehkan rekor dunia kecepatan darat sepeda motor pada tahun 1967 di Bonneville Salt Flats. Kegigihan sang legenda diangkat dalam film layar lebar pada tahun 2005 “The World’s Fastest Indian” yang menceritakan kisah Burt dan motor kesayanganya Indian Scout 1920.

Munro  merancang ulang setiap detail mesin untuk mendongkrak kemampuan Indian Scout besutanya, sehingga menjadi sangat bertenaga dan cepat. Ia hampir mengabaikan segala mekanisme keamanan, dan hanya berpikir untuk menghasilkan kecepatan saja. Kehebatan munro mencerminkan kehebatan proses dan impian yang fokus dan akhirnya mencatatkan rekor resmi kecepatan 294.51 km/jam dan rekor tidak resmi menembus kecepatan 330.99 km/jam

Burt Munro dicatatkan namanya dalam  Hall of AMA pada tahun 2006, namun ia telah mencerminkan gairah dan kecintaannya pada Indian Motorcycle sejak mulai memodifikasi Indian Scout pada tahun 1926, mencatatkan kecepatan 88.5139 km/jam melampaui batasan kemampuan motornya. (sumber: www.indianmotorcycle.com – Motorcyclemusem.org)

Mari kita simak galeri foto & video ” The Spirit of  Munro”, Salam Kustom, Salam Respect !

 

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply