Jap Loh, Singapura dan Proses Kustom Kulture !

KUSTOMFEST Singapura #10

Bulan Juni lalu KUSTOMFEST berkesempatan bersua dengan rekan-rekan komunitas dan pelaku kustom kulture di Singapura. Perjumpaan kami dengan rekan-rekan War Pigs menjadi pengobat kerinduan dalam ikatan persaudaraan. Ditemani sahabat kami Jap Loh yang akrab dengan disapa Jappy, Malam itu kami diterima dengan sangat baik di workshop kustom Vicious Cycles yang digawangi oleh Mathew Lim.

Kami berbincang mengenai pemikiran tentang proses dan gairah kustom baik di Singapura ataupun di Indonesia.  Tentunya kami juga mengajak rekan-rekan komunitas dan penggemar  kustom kulture di Singapura untuk  bisa berkunjung dan larut bersama dalam pesta KUSTOMFEST 2013 Indonesian Kustom Kulture Festival yang akan dihelat Oktober mendatang di Jogjakarta.

Pemikiran kustom kulture adalah impian yang luas dan mempertemukan elemen-elemen proses melewati batasan waktu dan ruang.  Malam itu kami bersama berdiskusi dan berbagi berbagai kegiatan yang berhubungan dengan dunia kustom baik di Indonesia maupun di Singapura, menyatukan visi untuk saling mendukung perkembangan dunia kustom.

Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap  KUSTOMFEST 2013, Jappy berkenan untuk di daulat menjadi salah satu juri Body Art Show & Kontest KUSTOMFEST 2013. Sebagai salah satu  artis tato ternama di Singapura, Jappy memiliki kisah yang sangat istimewa, berawal dari profesinya sebagai master selam, hingga akhirnya harus mengakhiri karir karena kecelakaan dan cedera yang parah.

Semenjak saat itu ia melihat  proses kerja seorang tato artis dan memiliki impian untuk mempelajarinya , namun ternyata untuk belajar menjadi seorang tato artis tidaklah mudah. Satu tahun lamanya ia hanya diperbolehkan “menonton” saja dan ditolak untuk belajar kepada artis tersebut.  Namun berkat kegigihannya sang “guru” luluh dan memperbolehkan Jappy untuk membuat “sketsa” saja selama hampir dua tahun !, dan di kemudian hari ditempa semangat melibas berbagai proses dan keteguhannya, Jappy belajar secara bertahap hingga ia menjelma menjadi seorang tato artis yang disegani di Singapura.

Malam kian larut membawa impian dan semangat diskusi kustom kulture di Singapura, menjelang terbit matahari Jappy menemani kami menuju bandara Changi , bergegas kembali untuk memperjuangkan impian panjang kustom kulture di Indonesia. Semoga kita bisa mengambil pelajaran tentang passion dan proses dari figur Jap Loh, Sampai jumpa di KUSTOMFEST 2013  5.6 Oktober 2013 di Jogjakarta, salam kustom, salam respect !

 

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply