MINORITY CUSTOM MOTORCYCLE – HONDA C70 1980 “LITTLE RAINBOW”

Sebuah pakem yang digunakan secara terus menerus tentu saja pada titik tertentu akan membuat kejenuhan bagi sebagian orang. Mungkin itu juga yang dirasakan oleh Jonathan Evan, builder dari Minority Custom Motorcycle. Dirinya ingin keluar dari pakem motor bebek kustom selama ini. “Saya ingin keluar dari pakem motor bebek kustom yang seringnya menganut konsep streetcub atau choppycub. Ingin menghadirkan kesan yang berbeda dari lainnya,” buka Jonathan Evan. Hasilnya, ia meng-kustom bebek dengan style scrambler cub.

Meng-kustom bebek bergaya scrambler sebenarnya hanya imajinasi Evan yang selama ini belum pernah terwujud. Kemudian ada kustomer datang ke bengkel dengan bawa motor namun belum mempunyai konsep. “Saya tawarkan konsep imajinasi saya melalui gambar, dan ternyata beliau suka,” kata Evan.

Dikatakan, konsep tersebut murni ide Evan sendiri dan semuanya dikerjakan sendiri mulai dari rangka, pengecatan hingga detailing. Frame motor masih dari rangka bawaan C70. “Jadi kesan cub nya memang harus masih terlihat dengan rangka ori yg di custom,” papar Evan. Sektor mesin tetap membawa standart pabrik, namun di setting ulang kembali.

Bagian kaki-kaki yang berubah total, shockbreaker depan menggunakan bawaan Megapro yang notabene adalah motor laki. Sedangkan arm belakang dan setang kustom handmade MCM. Urusan velg, Evan menggunakan produk aftermarket dipadu dengan ban motif trail untuk menyesuaikan konsep sekaligus mendapat sentuhan airbrush.

“Kendala yang kami hadapi saat proses pengerjaan justru saat mencari jenis cat yang sesuai,” ungkap Evan. Belakangan diketahui bahwa motor ini sudah dua kali mengalami proses ganti warna. Pertama warna hijau tentara polos kemudian warna hitam yang dipadu dengan glitter seperti sekarang ini.

Karena bentuknya yang dirasa spesial maka saat pemasangan tangki pun harus dipikirkan secara cermat. “Diberi tangki namun harus tetap terlihat proporsional bentuknya. Itu tantangan tersendiri buat saya, ” kata Evan. Tiga bulan adalah waktu yang diperlukan Evan untuk menyelesaikan semua pekerjaan baik finishing maupun detailing.

Motor ini diberi nama Rainbow karena warna yang dipakai warna-warni seperti pelangi. “Warna warni disini yang saya maksud adalah keceriaan. Dengan konsep yang unik serta original kita berusaha menghadirkan kesan fun untuk mengendarainya,” tutup Evan.

 

Info & Specification :

OWNER : Bita Arendra

BUILDER : Jonathan Evan

WORKSHOP NAME : Minority Custom Motorcycle

WORKSHOP ADDRESS : Jl. Gunung Anyar HRP 2A/21A Surabaya

PHONE NUMBER : 0896 7791 6303

EMAIL : minority.custom@yahoo.com

 

BIKE NAME :

Little Rainbow

 

CATEGORY :

Nitro Head Choppy Cub

 

ACHIEVEMENT :

2nd Champions Choppy Cub at Kustomfest 2017

 

FRAME / CHASIS
Type : Custom C70

Frame Builder : Minority Custom Motorcycle

Production / Year :  1980

 

WHEELS, SUSPENSION & BRAKE

Front & Rear Wheels  Custom by Minority Custom Motorcycle

Front & Rear Tires IRC 300-17

 

PIPES & EXHAUST

Exhaust System Pipes : Custom by Minority Custom Motorcycle

 

BODY WORKS & PAINTING

Body Works Material : Custom

Body Works Artist : Minority Custom Motorcycle

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply