OLD HOME GARAGE – YAMAHA SR400 “SASTRA JINGGA”

Motor berbasis Yamaha SR keluaran tahun 1998 ini sukses menarik hati Makoto Watanabe, salah satu juri internasional pada Kustomfest 2017, sehingga membawanya menjadi yang terbaik di kelas FFA Main Class. Motor tersebut mengusung nuansa tradisional Jawa Barat. Besar kemungkinan, tema tersebut lah yang membawanya jadi juara.

Sentuhan budaya Jawa Barat muncul pada beberapa aksesoris. Yang paling menonjol adalah persneling custom yang ia buat menggunakan stick dengan model Kujang, yang merupakan senjata tradisional Jawa Barat pada sisi kiri tangki. Pada bagian tangki ini, juga ditambahkan ‘cover’ di sisi depannya untuk menambah estetika. Agar lebih cantik, beberapa aksen pemanis ditambahkan pada tutup tangki dan sentuhan keling dengan material kuningan pada beberapa bagian.

Bagian lain yang unik juga muncul pada holder gas custom yang ia buat dari gir. Sementara pada lampu, diambil dari lampu sein mobil yang di cover ulang. Sementara pada knalpot, di kustom menyerupai bentuk bambu runcing pendek. Sektor sasis menggunakan pipa 1 – 1,5 inchi pada beberapa bagian yang berbeda dengan ketebalan 3-4 mm. Sedangkan parts lainnya menggunakan material plat galvanis, yang ia buat untuk tangki, oil tank, dan spatbor.

Bagian suspensi terutama depan mengaplikasi model girder dengan dua per, sementara bagian belakang tetap rigid. “Bagian membuat shock depan dengan pemasangan dua per-nya ini bisa dibilang cukup sulit. Saat mencoba teromol belakang yang digabung dengan gir pun cukup menantang pada proses pembangunan motor ini,” ungkap Imron.

Kemudian motor dilabur dengan cat merah tua oleh Hacka Pinstriping. Warna merah sendiri merupakan representasi sebuah tokoh yang dijadikan konsep pada motor ini, yakni Cepot. Selain itu, merah juga dianggap memiliki karakter kuat, berkolaborasi sempurna warna gold dan silvernya. “motor ini saya juluki Satria Jingga, yang terinspirasi dari Cepot, salah satu tokoh pewayangan Jawa Barat yang paling terkenal. Nama aslinya adalah Astra Jingga, dengan karakter yang humoris dan punya kulit warna merah,” tutup Imron

 

Info & Specification :

OWNER : Sugiarto

BUILDER : Ahmad Imron

WORKSHOP NAME : Old Home Garage 393

WORKSHOP ADDRESS : Dukuhan Nayu, RT 007/015 Surakarta

PHONE NUMBER : 085712584099

 

BIKE NAME :

Sastra Jingga

 

CATEGORY :

Main Class FFA

 

ACHIEVEMENT :

Kustomfest 2017 Participant

 

FRAME / CHASIS

Type : Kustom Boardtracker

Frame Builder : Old Home Garage

Production / Year :  2016

       

ENGINE

Type : Yamaha SR 400

Capacity : 399cc

 

TRANSMISSION

Type : Manual

 

WHEELS, SUSPENSION & BRAKE

Front & Rear Wheels TK Jaoan 21-185, Tromol Kustom by Old Home Garage

Front & Rear Tires  Avon Speedmaster 21-3.00

Suspension System : Springer Girder

Brake System : Drumbrake

 

PIPES & EXHAUST

Exhaust System Pipes : Kustom

Exhaust System Builder : Old Home Garage

 

BODY WORKS & PAINTING

Body Works Material : Galvanis

Body Works Artist : Old Home Garage

Painting Artist : Hacka Pinstripe

 

OTHER PARTS & ACCESSORIES

Seat : The Marnos

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply