PAGER TRALIS CUSTOM – HONDA SUPRA 125 “CHOPPOLIS”

Tidak banyak yang mengetahui jika motor kustom yang diberi julukan Choppolis ini sebenarnya karya sebuah bengkel las pagar dan tralis. “Pager Tralis Custom itu ya sebenarnya bengkel las pager tralis, sehari-hari bikin pager tralis,” ungkap Ali Qasim, builder Pager Tralis Custom. Puncaknya adalah ketika dirinya diberi tantangan oleh seorang rekan untuk membuat motor kustom.

Tanpa ragu, Ali menerima tantangan tersebut dan mulai mengkonsep motor kustom yang bakal dibangun. Di lain sisi pada awalnya memang tidak berniat membuat motor kustom untuk tujuan kontes. “Ya hanya untuk membuktikan bahwa kita pun sanggup membuat motor kustom,” imbuhnya.

Dikatakan, bahwa yang memberikan tantangan untuk membangun motor kustom adalah rekan yang berprofesi sebagai polisi. “Ia juga memberikan bahan dua buah motor Honda Supra 125 untuk di kustom. Itulah alasannya kenapa motor ini saya namakan Choppolis,” ungkap Ali.

Konsep awalnya adalah membuat motor kustom untuk daily use. Namun ditengah perjalanan sang builder mendapat informasi bakal ada kontes motor kustom yang dihelat di Semarang. “Dari situlah saya memutuskan untuk membuat motor kustom untuk kontes,” kata Ali.

Tak disangka, motor kustom buatan Ali diganjar juara dua pada kelas Choppy Cub pada kontes di Semarang tersebut. Cukup membanggakan karena motor tersebut adalah motor kustom pertama yang ia buat dan langsung diganjar juara. Setelah juara pada kontes di Semarang tadi, motor selanjutnya masuk workshop guna persiapan mengikuti Kustomfest 2017. “Semua dibongkar total dan dirubah catnya, jadi kejar kejaran waktu sampai sering lembur,” cerita Ali.

Karena dirinya pecinta motor Street Cub sejak lama maka dipilihlah tema choppy cub untuk motor kustomnya. “Konsep dan desain semua murni dari ide saya sendiri karena saya pribadi menginginkan motor choppy cub yang berbeda dari biasanya,” kata Ali.

Beberapa kendala sempat ia temui saat membangun motor ini. “Pertama, waktu yang mepet dengan pelaksanaan event kemudiaan ditambah dengan kesulitan saat membuat tromol ban belakang,” papar Ali. Sebabnya adalah tromol belakang harus mengikuti lebar velg yang mencapai 6,5 inchi.

Sektor frame diakui Ali mengalami banyak perubahan. “Perubahan bagian frame dari depan sampai belakang hampir 80%,” ungkapnya. Bagian mesin Supra 125cc dibiarkan standar hanya diberi tambahan oil cooler. Kemudian bagian rantai yang tadinya berada di sisi kiri, ia pindah ke sisi kanan. “Sekarang menggunakan dua buah rantai, dan ini pula bagian yang menurut saya paling spesial,” imbuh Ali.

Untuk headlamp ia gunakan Halogen biasa yang diberi cover kustom tambahan. Stoplamp memakai lampu LED yang diberi tambahan cover serta dudukan kustom. Tutup tangki bahan bakar yang unik tersebut dikatakan terinspirasi dari tutup botol tempo dulu. Semua pekerjaan ia kerjakan sendiri di bengkel miliknya dan memakan waktu hanya satu bulan.

Info & Specification :

OWNER : Ali Qosim

BUILDER : Ali Qosim

WORKSHOP NAME : Pager Tralis Custom

WORKSHOP ADDRESS : Salakan, Potorono RT 10 Banguntapa Yogyakarta

PHONE NUMBER : 082242934890

EMAIL : pagertralis@yahoo.com

 

BIKE NAME :

Choppolis

 

CATEGORY :

Choppy Cub

 

ACHIEVEMENT :

Kustomfest 2017 Participant

 

FRAME / CHASIS

Type : Kustom

Frame Builder : Pager Tralis Custom

       

ENGINE

Type : Supra 125

 

WHEELS, SUSPENSION & BRAKE

Front & Rear Tires  Swallow 130/70-17(F) &  180/50-17 (R)

 

BODY WORKS & PAINTING

Body Works Material : Handmade

 
 
 
 
 
Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply