SUZUKI GS 250 X – ANDY KAHAR LEGACY

Jumat malam 6 Oktober 2017, sehari sebelum event Kustomfest 2017-No Boundaries dilaksanakan adalah hari dimana pertama kali melihat motor kustom yang mempunyai cerita yang sangat inspiratif bagi pelaku kustom pada khususnya ini. Sekedar informasi, proses loading-in semua yang terlibat di Kustomfest 2017 dilakukan pada hari tersebut.

Malam itu redaksi memang sengaja ingin melihat progress loading-in peserta khususnya kategori motor kustom. Suasana JEC (Jogja Expo Center) memang sudah agak sepi tidak seramai loading pada siang harinya, hanya terlihat beberapa peserta yang masih sibuk mengutak-atik motor kustom untuk dipamerkan keesokan harinya. Saat melangkah ke area display motor kustom, pandangan tidak sengaja tertuju ke sosok pria yang sedang melakukan detailing di sebuah motor kustom.

Meski penampilan pria tersebut sederhana, tapi pria tersebut sangat serius mengerjakan detailing di motor kustom tersebut. Hal itulah yang membuat Kustomfest penasaran yang kemudian menghampiri dan menyapa. Setelah ngobrol santai yang lumayan lama barulah diketahui motor yang sedang di detailing oleh pria tersebut adalah motor kustom milik Alm. Andy Kahar. Andy Kahar adalah peserta Kustomfest 2017 asal Kalimantan Timur yang meninggal dua hari sebelum Kustomfest dihelat. Dan pria yang melakukan detailing ke motor kustom tadi adalah Sugiharto kompatriot almarhum sekaligus builder dari Gie Custom Handmade yang menggarap motor almarhum.

Dan dari obrolan tadi, redaksi juga pertama kalinya mengetahui jika motor tersebut sudah ditinggal selama-lamanya oleh sang owner. Motor kustom berbasis mesin Suzuki GSX 250 X tersebut tampil di Kustomfest tanpa didampingi oleh sang Owner. Banyak cerita yang dikisahkan oleh Sugiharto kepada redaksi. 

“Pertama kali kenal dengan almarhum ya saat dia melihat motor kustom choppycub bikinan saya, almarhum bilang ke saya ingin bikin motor kustom sama seperti punya saya,” ungkap Sugiharto. Sugiharto kemudian menyarankan agar jangan disamakan, “saya bilang konsep tetap chopper tapi pakai mesin yang lebih besar,” kata Sugi.

Sugi juga mengatakan ke almarhum agar bikin motor kustom yang bagus dan unik. “Almarhum serahkan semua penggarapan motor kustom miliknya ke saya,” ucap Sugi. Tidak lama setelah itu almarhum membeli sebuah rangka motor chopper untuk segera digarap oleh Sugiharto. “Rangka tersebut saya ubah sedikit dengan bantuan teman saya yang ahli dalam bidang las,” papar Sugi. Rangka chopper tersebut diubah di bagian stang dan bagian belakang penopang sepakbor, “tujuannya agar motor sedikit agak rebah,” perjelas Sugi.

Untuk membuat beberapa bagian dari motor ini yang sifatnya handmade dari kayu diakui Sugi sebagai kesulitan tersendiri yang ia hadapi saat menggarap motor ini. “Membuat dan membentuk sesuatu dari kayu seperti leather seat, cover sein depan belakang, cover lampu depan belakang, handle grip, spion, box aki sampai ukiran di bagian mesin punya tingkat kesulitan tersendiri mas,” ucap Sugi.

Keputusan Sugi untuk melibatkan unsur handmade dari kayu yang diterapkan di beberapa bagian motor tersebut justru jadi bumerang yang positif dan jadi ciri khas kuat motor kustom bikinan Gie Custom Handmade ini. “Yang spesial dari motor kustom milik almarhum ini ya handmade kayu nya itu. Merubah dari sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin merupakan kepuasaan tersendiri bagi saya,” ucap Sugi.

Custom handmade dari kayu di motor kustom tersebut diklaim Sugi sebagai yang pertama selain motor kustom milik Sugi pribadi yang juga dipenuhi oleh handmade dari kayu. “Dari situlah banyak yang bertanya dan penasaran. Banyak yang bilang unik dan antik,” kata Sugi.

Kayu yang digunakan Sugi di motor kustom milik almarhum Andy Kahar juga bukan sembarang kayu. Sugi menggunakan kayu Ebony atau kayu Hitam yang tergolong langka. “Kayu Ebony/Hitam adanya hanya di Sulawesi,” ungkap Sugi.

Total waktu penggarapan motor ini memakan waktu sekitar Satu tahun dikarenakan lokasi workshop yang jauh dari pusat kota. “Untuk mencapai kota buat keperluan belanja parts perlu waktu sekitar setengah jam. Dan kondisi jalannya juga perbukitan,” kata Sugi.

Motor kustom ini adalah salah satu keinginan dari almarhum yang cita-citanya bisa menjadi peserta Kustomfest 2017. Keinginan dan cita-cita Almarhum Andy Kahar sudah terwujud, motor kustom ini adalah legacy almarhum yang akan terus menginspirasi.

 

 

Info & Specification :

OWNER : H. Andi Abdul Kadir

BUILDER : Sugiharto

WORKSHOP NAME : Gie Custom handmade

WORKSHOP ADDRESS : Jl. Propinsi RT 07 Kelurahan Sindang Sari Kec. Sambutan, Kaltim

PHONE NUMBER : 082149114596

EMAIL : –

 

BIKE NAME :

Red One

 

CATEGORY :

Nitro Head Free For All

 

ACHIEVEMENT :

Guest of Honor Kustomfest 2017

 

FRAME / CHASIS

Type : Custom Rigid Handmade

Frame Builder : –

Production / Year : 2017

       

ENGINE

Type : Suzuki GS 250 X

Capacity : 250 cc

Engine Builder : –

Production Years :2005

 

TRANSMISSION

Type : Custom Cover Transmission

Builder : Gie Custom Handmade

Primary Kit ( Clutch System ) : –

 

WHEELS & SUSPENSION

Front & Rear Wheels : R19-10/90 (F), R15-170/80 (R)

Front & Rear Tires : Avon Cobra (F), Avon Road Runner (R)

Suspension System : Stock Suzuki GS 250 (F), Saddle Handmade Stainless  (R)

Brake System : –

 

PIPES & EXHAUST

Exhaust System Pipes : Custom

Exhaust System Material : Custom

Exhaust System Builder : –

 

BODY WORKS & PAINTING

Body Works Material : Wood Ebony

Body Works Artist : Gie Custom Handmade

Painting Material : Candy Red Maroon Glitter

Painting Artist : Gie Custom Handmade

 

OTHER PARTS & ACCESSORIES

Seats : Wood Ebony

Electrical : –

Main / Head Lamp : Wood Ebony

Rear / Stop Lamp : Wood Ebony

Mid Controls : –

Bolt On Accessories : –

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply