THREE MONKEYS ENGINEERING – KAWASAKI KZ 200 “PINK LADY”

Motor kustom berbasis Kawasaki KZ200 yang satu ini adalah milik seorang lady biker bernams Inicafony Prasasti, hal ini bisa dilihat dari sosoknya yang terlihat lebih kecil dari model skinny chopper pada umumnya. Perempuan asal semarang tersebut memang memiliki impian besar untuk bisa mengendarai motor chopper.

Ia mempercakan workshop Three Monkeys Engineering untuk menggarap motor impiannya tersebut. Onny Widiyayana, builder Three Monkeys Engineering mengakui sempat merasa kesulitan pada awalnya. Hal tersebut disebabkan ia baru pertama kalinya mendapat kerjaan dari seorang perempuan. “Awalnya sih ngga begitu berkendala, hanya karena motor ini yang pesan cewek dengan postur tubuhnya yang kecil, jadi kesusahannya menentukan bentuk motor nantinya akan sesuai dengan penunggangnya yang easy riding,” ujarnya. Namun, dengan komunikasi yang baik antara keduanya, Onny pun memahami maksud dan keinginan perempuan bertubuh mungil ini.

Di bagian frame, motor yang diberi julukan “Pink Lady” tersebut menggunakan material pipa seamless 3/4 inch untuk semua susunan tulangnya. Sementara, di bagian springer depan menggunakan material stainless. Kombinasi inilah yang membuat Pink Lady menjadi terlihat keren dan easy riding. Demi kenyamanan, sang builder mengambil konsep skinny chop namun lebih di-slimkan.

Tidak hanya bagian suspensi bagian depan, aksesoris seperti footpeg, jokey shift, stoplamp, sissy bar, box electrical, box air filter pun menggunakan bahan steinless. Alasannya karena bahan stainless steel terbilang lebih kuat daripada bahan seamless biasa. Muffler pun di garap apik dengan hasil welding yang juga menggunakan bahan steinless. Khusus bagian ini Onny mengaku jika bahan stainless mampu meredam panas yang berlebih, artinya panas yang terdapat dalam ruang knalpot akan lebih memuai jika menggunakan bahan stainless.

Kesulitan yang dihadapi terletak pada bagian welding dan bending yang menggunakan bahan stainless. Sulit karena material steinless karakteristiknya keras dan susah “diatur”. Ada bagian yang paling menarik dalam tubuh Pink Lady yang terletak di bagian hub depan di mana stang didesain seakan diikat secara simpul menggunakan seutas tali namun tali tersebut hanyalah simbolik karena sesungguhnya bagian tersebut merupakan weldingan dari bahan stainless yang dibuat secara presisi.

Sektor painting, dipercayakan kepada rekan kerja workshop di kawasan Salatiga bernama Moled_Leedz Paint. Moled memang terkenal rapih dan detail dalam setiap pengerjaan painting di kota tersebut. Terlihat dalam Pink Lady, motor berbasis Kawasaki KZ200 tidak hanya tangki dan side box saja yang dilabur corak grafis hasil karya Moled. Bagian frame yang seringkali dianggap sederhana pun disiram cat dengan warna yang didominasi warna pink. Dasar warna inilah yang kemudian dijadikan julukan motor milik Inicafony Prasasti.

Bagian mesin dirubah agar lebih “nyantai” diajak riding dengan merubah semua piranti kelistrikan secara baru. Di bagian pengapian pun dirubah menggunakan sistem CDI. Magnet pun dirubah menggunakan Yamaha Vixion lengkap dengan spul. Hal ini diyakini agar pengisian dan pengapian selalu fit. Kaki- kaki menggunakan velg berukuran 21x 1.25 dengan ban Swallow 21-175 di bagian depan dan 17×250 – Swallow 17-400 di bagian belakang. Menariknya teromol depan bergaya brakeless berbahan steinless dibuat langsung di Three Monkeys Engineering dikombinasikan teromol belakang milik Kawasaki KLX lengkap dengan set disc brake. Di bagian estetika, kulit jok ia serahkan kepada Wawan Bakwan.

Proses pengerjaan selama 6 bulan atau efektif 3 bulan ini pun berbuah manis. Selain dapat memuaskan hati sang owner, motor ini pun tercatat aktif mengikuti beberapa kali kompetisi custom motorcycles dan mendapatkan beberapa penghargaan seperti Best Painting, Best Display dan lainnya.

 

Info & Specification :

OWNER : Inicafony Prasasti (Nicole)

BUILDER : Onny Widiyayana

WORKSHOP NAME : Three Monkeys Engineering

WORKSHOP ADDRESS : Jl. Padi XV, Muktiharjo Lor Genuk Semarang Jateng

PHONE NUMBER : 087832154228

EMAIL : onnywidiyayana@gmail.com

 

BIKE NAME :

Pink Lady

 

CATEGORY :
Nitro Head Old & Retro

 

ACHIEVEMENT :

1st Champions Nitro Head Old & Retro Kustomfest 2017

 

FRAME / CHASIS

Type : Chopper

Frame Builder : Three Monkeys Engineering

Production / Year :  2017

       

ENGINE

Type : Kawasaki KZ 200

Capacity : 200 cc

Engine Builder : Rachman Salatiga

Production Years : 1981

 

TRANSMISSION

Type : Manual

Builder : Three Monkeys Engineering

Primary Kit ( Clutch System ) : Shifter

 

WHEELS, SUSPENSION & BRAKE

Front & Rear Wheels  DID Ring 21-1.60 (F) & DID 17-2.50 (R)

Front & Rear Tires  Swallow Sprinter 21-3.00 (F) & Swallow SB 212-4.00 (R)

Suspension System :  Rigid System & Springer

Brake System : Disc Break (R)

 

PIPES & EXHAUST

Exhaust System Pipes : Free Flow 

Exhaust System Material : Stainless Steel

Exhaust System Builder : Three Monkeys Engineering

 

BODY WORKS & PAINTING

Body Works Material : Plat Galvanis

Body Works Artist : Three Monkeys Engineering

Painting Materials : Gold Leaf, Silver Leaf, Glitter, Paint Brush

Painting Artist : Moled Leedzpaint

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply