Tora Sudiro : Kustom “Live to Ride, Ride to Home”

Kali ini official KUSTOMFEST kedatangan tamu seorang aktor yang dikenal luas sebagai penggemar seni tato Tora Sudiro. Pria yang akrab disapa Tora, ini menyambangi Jogjakarta sehubungan dengan pekerjaanya di bidang seni peran, sekaligus dalam rangkaian projek film dokumenter band  metal Dead Squad.

Dalam suasana yang sangat akrab ia  mengungkapkan ketertarikan dan kekagumannya tentang perkembangan dunia kustom Indonesia. Selain itu Tora juga menunjukkan ukiran Tato di – lengan yang ditorehkan dari ungkapannya “Live to Ride , Ride to Home”. Meskipun terkesan nyeleneh ungkapan ini coba saya terjemahkan dalam konteks yang serius.  Sejauh – jauhnya hidup untuk berpetualang kita harus selalu punya tujuan dan berpijak ke “rumah” yang saya terjemahkan sebagai “jati diri”.

Kustom adalah simbol dari petualangan untuk melahirkan karya yang bisa dipertanggung jawabkan dari aspek seni, teknik dan estetika fungsi, namun sebaik-baiknya karya adalah yang memiliki  tujuan dan identitas. Kenali lingkungan, rumah, negara tempat kita melahirkan pemikirian dan karya kustom, temukan jatidiri dan berbanggalah menjadi bagian dari kustom kulture Indonesia, sampai jumpa di KUSTOMFEST 2013, 5-6 Oktober 2013,  Jogjakarta – Indonesia.

Leave a Reply