YAMAHA XS 650 – GANAPATI WINAYAKA

Aksen gold pada bagian frame motor kustom garapan N’Joy 76 Extreme Custom ini di klaim menjadi identitas tersendiri dan sebagai penguat karakter motor yang bertujuan agar terlihat elegan. “Mungkin aplikasi seperti ini belum pernah diterapkan di frame motor kustom lain,” ungkap Rifai Nur Hasan, builder dari N’Joy Extreme Custom.

Ia mengatakan jika pengerjaan aksen gold tersebut memakan waktu lima hari kerja. “Prosesnya melalui pengecoran yang menghabiskan 130 batang kuningan,” papar Rifai.

Kemudian agar terlihat senada dengan frame yang menggunakan pipa seamless ukuran 1″ dan 3/4″ tersebut, aksesoris motor dipilih kelir krom yang dipadu dengan bahan kuningan. “Termasuk bagian fork springer yang saya beri aksen kuningan,” kata Rifai.

Penerapan aksen gold pada frame dan fork springer merupakan bagian paling spesial di motor. “Prosesnya lumayan rumit dan memakan waktu, tenaga dan biaya tapi hasilnya sangat memuaskan owner motor dan otomotis kami yang menggarap juga ikut senang,” kata Rifai.

Mesin Yamaha XS 650 yang menjadi jantung motor ini direbuild total. Kemudian finishing dipoles, sebagian di powdercoating dan sebagian ada yang di chrome.

Bagian kaki-kaki, tromol depan dan belakang di kustom agar tetap menyatu dengan karakter aksen goldnya. Velg alumuniumnya juga dikustom sesuai kebutuhan. Untuk headlamp menggunakan foglamp dari mobil yang dikustom dan lampu remnya diambil dari variasi.

Semua pengerjaan motor dikerjakan di workshop N’Joy 76 namun pekerjaan finishing dibantu oleh Titah Exhaust. “Lama pengerjaan memakan waktu kurang 1,5 bulan. Kendala yang kami hadapi adalah keterbatasan waktu karena ada sebagian part yang belum kami dapat saat pengerjaan,” ungkap Rifai.

Ide awal dari motor yang diberi nama Ganapati Winayaka ini tercetus saat  sang owner mengungkapkan keinginannya untuk kembali membuat motor kustom yang akan diikut sertakan dalam Kustomfest 2017. “Sebelumnya memang dia (owner) sudah bikin motor kustom Z250 bergaya flattracker yang juga turun di Kustomfest,” papar Rifai.

Sedangkan nama Ganapati Winayaka merupakan bahasa Sansekerta dari dewa Ganesha. “Motor ini mesin dan bodynya besar seperti Gajah. Kontruksi front-end nya jika dilihat dari depan seperti Gajah. Shock depan seperti belalai dan dua fork springer seperti gading gajah. Selain itu mungkin masih jarang motor kustom yang tangkinya digambar dengan motif Gajah,” pungkas Rifai

 

 

Info & Specification : 

OWNER : Aryo Mahendra Alexander

BUILDER : Rifai Nur Hasan

WORKSHOP NAME : N’JOY 76 EXTREME CUSTOM

WORKSHOP ADDRESS : Jl. Weling Raya 76 (Jakal Km 5,6), Sleman Yogyakarta

PHONE NUMBER : 0817337443

EMAIL : rifaihsn@yahoo.com

 

BIKE NAME :

Ganapati Winayaka

 

CATEGORY :

Japan Chopper Bobber

 

ACHIEVEMENT :

2nd Champion Japan Chopper Bobber Kustomfest 2017

                                                         

FRAME / CHASIS

Type : Frame Rigid

Frame Builder : Rifai N’Joy 76

Production / Year : 2017

       

ENGINE

Type : Yamaha XS

Capacity : 650cc

Engine Builder : –

Production Years : 1979

Engine Modification :

 

TRANSMISSION

Type : Standart

Builder : –

Primary Kit ( Clutch System ) : –

 

WHEELS & SUSPENSION

Front & Rear Wheels : Shinko E270 400-19 (F) & Shinko E270 500-16 (R)

Front & Rear Tires :

Suspension System : Springer Custom by N’Joy 76 

Brake System : KLX 150 (F) & Kawasaki R6 (R)

 

PIPES & EXHAUST

Exhaust System Pipes : Custom

Exhaust System Material : –

Exhaust System Builder : N’Joy 76

 

BODY WORKS & PAINTING

Body Works Material : –

Body Works Artist :

Painting Materials :

Painting Artist : Exhaust East Titah Arga Yoga

 

OTHER PARTS & ACCESSORIES

  • Seat Custom by N’Joy 76
  • Head & Rear Lamp Kustom by N’Joy 76

 

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply