YASASHII GARAGE BANDUNG – HONDA CB125 “BINTANG”

Franky Mory Yasashi membangun motor ini dengan filosofi yang menurutnya tepat dengan apa yang ia harapkan. “Kebetulan motor ini saya namakan Bintang. Karena bintang menurut saya bentuk perwujudan yang tidak nyata tapi indah dan sempurna. Maka saya ambil filosofi tersebut agar si motor bersinar dan indah seperti bintang,” buka pria yang juga builder dari Yasashii Garage.

Konsep yang diambil adalah cafe racer karena dasarnya ia menyukai dunia balap  khususnya roda dua. “Cafe racer buat saya adalah style kustom yang simpel dan keren dengan bentuk yang berbeda ditambah front-end seperti tawon,” kata Franky. Menurutnya konsep tersebut cocok karena bentuknya motor balap dan aura kecepatannya menonjol. “Konsep, bentuk dan detil semuanya murni dari saya sendiri,” kata Franky.

Dikatakan, membuat motor konsep harus melalui banyak pertimbangan. “Motor yang saya buat selain enak dikendarai, mesinnya juga harus powerfull sesuai dengan konsep cafe racernya,” papar Franky. Untuk frame, Franky menggunakan bahan tubular seamless dengan diameter 25mm – 1 inchi dipadukan dengan diameter 29mm-30mm. “Sengaja memakai bahan seamless agar motor lebih lentur dan kuat,” imbuh Franky.

Bintang menggendong mesin Honda CB125, namun sudah mengalami perubahan total. Blok mesin menggunakan milik Honda Phantom 250cc ditambah beberapa copotan parts Honda Tiger. “Mesin saya kustom dengan sistem dekompresi, tugasnya membuang kompresi mesin yang berlebihan karena mesin sudah 250cc,” papar Franky. Tujuan dari sistem ini adalah agar motor saat di kick start lebih ringan dan mudah.

Full set copotan Honda Tiger diaplikasikan untuk sektor kaki-kaki. “Saya kustom sedikit untuk bagian segitiganya menyesuaikan ukuran ban yang gambot,” kata Franky. Agar tampil beda, eksotis dan detilnya terlihat maka lampu depan copotan milik Harley Dyna diberi kustom cover sementara reflektor lampunya menggunakan LED Daymaker. “Ini hasil ide kreatif saya sendiri yang belum pernah orang buat,” kata Franky. Bagian ducktail, Franky memilih detil kisi-kisi plat. Ini agar terlihat art dan rumit dalam pembuatannya.

Supaya motor terlihat lebih padat berisi sekaligus detilnya melimpah, panel indikator pada setang motor, drop put swing arm, sasis, stoplamp, bracket knalpot hingga standar samping dikustom handmade dari CNC dan laser cutting acrylic berbentuk bintang.

Di sisi lain sebenarnya motor ini pada awal pembuatannya sebagai motor touring biasa atau untuk dipakai sehari-hari namun karena sang builder ‘kebablasan’ saat membuatnya akhirnya motor memang buat tampil pada Kustomfest 2017. “Semua kru workshop sempat mengatakan jika motor yang saya buat ini terlalu keren dan mahal part-partnya untuk dipakai harian, ya akhirnya saya putuskan untuk diikutkan pada Kustomfest saja,” ungkap Franky.

Karena akhirnya diperuntukan untuk tampil di Kustomfest 2017, maka Franky betul-betul mempersiapkan motornya selama kurang lebih Tujuh bulan. “Karena ini motor milik sendiri, ya saya mengerjakannya bisa sedikit santai agar hasilnya maksimal,” tutup Franky

 

Info & Specification :

OWNER : Franky Mory Yasashi

BUILDER : Franky Mory Yasashi

WORKSHOP NAME : Yasashii Garage Bandung

WORKSHOP ADDRESS : Jl. Sawah Kurung V No. 4 Bandung

PHONE NUMBER : 08156263217

EMAIL : owlgaragebandung@gmail.com

 

BIKE NAME :

Bintang

 

CATEGORY :

Nitro Head Old & Retro

 

ACHIEVEMENT :

Best Pick by Asterisk Custom Work at Kustomfest 2017

 

FRAME / CHASIS

Type : Custom Handmade

Frame Builder : Yasashii Garage
       

ENGINE

Type : Honda CB 125

Capacity : Custom up to 250cc

Engine Builder : Yasashii Garage

 

TRANSMISSION

Type : OEM

Builder : Yasashii Garage

Primary Kit ( Clutch System ) : OEM

 
WHEELS, SUSPENSION & BRAKE

Front & Rear Wheels  18 inch (F) 18 inch (R)

Front & Rear Tires  Dunlop K180

Suspension System :  Telescopic

Brake System : Disc Brake

 

PIPES & EXHAUST

Exhaust System Pipes : Custom Handmade

Exhaust System Material : Stainless Steel

Exhaust System Builder : Hollister Land

 

BODY WORKS & PAINTING

Body Works Material : Metal

Body Works Artist : Yasashii Garage

Painting Materials : Sikken

Painting Artist : Franky Yasashi

 

OTHER PARTS & ACCESSORIES
Seat, Electrical, Headlamp, Stoplamp Mid Control, Accessories Custom by Yasashii Garage

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply