Moon Bug – Volkswagen Beetle Type 1

Salah satu yang memikat pengunjung Kustomfest 2022 adalah penampilan VW Kodok Type 1 Moon Bug yang dikelir kuning kehijauan garapan Mooneyes ini. Melihat secara penampilannya, bentuk VW Kodok ini masih menyerupai versi standarnya. Mungkin ubahan yang dilakukan oleh Masashi Tasaki, dari One Low selaku builder Moon Bug, memfokuskan pengerjaan mobil ini pada sektor jeroan atau mengoprek mesin.

Menurut Masashi Tasaki, setelah diracik sedemikian rupa melalui tangan dinginnya, tenaga yang dihasilkan dari mesin berkubikasi 2.300 cc ini adalah sebesar 250 horse power. Hasil tersebut menjadi begitu impresif mengingat mobil ini diperuntukkan untuk ajang balap drag race di Jepang. “Mobil ini memang benar-benar disiapkan khusus untuk mengikuti ajang balap drag race di Jepang. Tidak pernah lepas dari podium satu atau dua saat balapan,” ungkap Masashi Tasaki.

Butuh waktu lama bagi sang builder untuk membangun dan membuat mobil ini begitu kompetitif saat berada di atas lintasan. Setidaknya, butuh waktu kurang lebih sepuluh tahun untuk bisa merampungkan mobil ini dari kondisi awal sampai seperti sekarang ini.

Moon Bug dibekali dengan 94 mm untuk bore, dan 84 untuk stroke. Hasilnya mampu membuat Volkswagen Kodok ini bisa digeber hingga 8.600 rpm. Untuk sektor transmisi ia tidak melakukan penggantian, dan masih menggunakan perangkat aslinya.

Melongok sektor interiornya, Moon Bug ini telah mengalami perubahan yang cukup besar. Mulai dari penggunaan jok racing, seatbelt empat titik, sampai penggunaan lingkar kemudi aftermarket menjadi salah satu resep keindahan pada kabin VW Kodok tersebut. Tidak ketinggalan pula sektor kaki-kaki, di mana untuk penggunaan velg dan ban sudah diperhitungkan dengan matang agar dapat memberikan akselerasi yang lebih baik saat berada di atas lintasan balap.

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *