We Fight The Same Enemy Jadi Tema Artwork Kustomfest 2022

Bicara Kustomfest, tentu saja tidak bisa lepas dari artwork di poster setiap penyelenggaraannya. Artwork yang selalu berbeda sekaligus banyak makna yang disematkan di tiap detil obyek yang ditampilkan. Tidak jarang artwork Kustomfest seringkali menjadi inspirasi artwork pada event-event di luar Kustomfest.

“We Fight The Same Enemy”, menjadi tema artwork Kustomfest 2022 ‘We’ll Be Back’. “Artinya kita ini punya musuh yang sama di dua tahun kebelakang, yakni virus yang bikin semua kehidupan sosial berantakan dan serba keterbatasan,” buka Visual Artis artwork Kustomfest 2022, Deki Leos. Melalui artwork ini direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi dan Deki Leos menaruh harapan besar kepada semuanya untuk segera bangkit dan jangan terus diselimuti ketakutan.

Leos membuat artwork kali ini inspirasinya dari komik dan advertising di era tahun 50an. “Pada dasarnya sih saya suka karya-karya yang muncul di era 50an, begitu pun tone warna yang saya tampilkan. Intinya ini tahun 50an tapi dengan versi saya,” ungkap Leos.

Leos menghadirkan sosok sentral dalam artwork tahun ini berupa visual robot futuristik khas tahun 50an yang terlihat sangar dan canggih pada masanya. “Kalau saya pilih visual robot masa kini kok sepertinya gak dinamis artworknya, saya lebih sreg penggambaran robot era 50an tenimbang robot masa kini,” ungkapnya. Jika dilihat lebih detil, terlihat makhluk kecil hijau diatas helm sang robot. “Makhluk kecil itu visualisasi dari virus dan dia bisa mengendalikan robot, ya bisa dikatakan dia mastermind semuanya,” tuturnya. Menurutnya makhluk hijau itu lemah namun karena dia bersembunyi di dalam sosok robot jadi sangat kuat.

Sang robot juga digambarkan Leos punya empat tangan yang berbeda-beda wujudnya. Hal tersebut diejawantahkan sebagai elemen untuk menyebar ketakutan dan kepanikan kepada makhluk yang lebih lemah.

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *