MAGIC INK MAGZ : Konten Kustom Kulture

Magic Ink | Huhum Hambilly

Rabu , 26 Juni, 6, 2013 at 1:49am

Istilah budaya tanding, terjemahan counter-culture, berawal dari Amerika Serikat pada 1960-an. Demikian populer istilah itu sehingga Oxford English Dictionary menambahkannya sebagai idiom Inggris sejak akhir kurun itu atau awal 1970-an. Kemudian berbicara kustom kulture, kustom kulture itu sendiri adalah neologisme (kata bentukan baru), digunakan untuk menggambarkan karya seni, kendaraan, gaya rambut, dan mode dari mereka yang menyetir dan membangun mobil kustom dan sepeda motor di Amerika Serikat di mulai tahun 1950 sampai hari ini, di petik dari Kustom Kulture : Von Dutch, Ed “Big Daddy” Roth, Robert Williams and Others. 1993. Sekarang kustom kulture merupakan bagian dari counter culture.

Melalui perkembangan-nya kustom kulture terbagi-bagi, diantaranya hot rod, rat rod, custom bike, chopper, pinstriper, lowrider, lobrow, punk rock, rockabilly, barber, skateboard, bmx  dan juga tattoo, dan masih banyak yang lain. Walau memang di Indonesia tato itu sendiri di maknai sebagai sub-culture, padahal untuk menjadi sebuah sub-culture masih perlu di pertanyakan kembali tentang keberadaan ahli tato, pengamat tato, maupun kritikus tato, dan literatur buku sebagai instrumen yang melengkapi. ada beberapa pendapat di Indonesia tato  “di kembangkan” secara liar, menjadikan sebuah bentuk perlawanan, dan tato pun menjelma sebagai counter-culture. Ya apapun itu,  karena memang Magic Ink adalah “tattoo and whatever related”, akhirnya kami putuskan menambah content baru yaitu “Kustom Kulture”.

Untuk edisi bulan depan dan (semoga) seterusnya Magic Ink akan mencoba menyajikan konten “kustom kulture”. Dalam sebuah konten tersedia dua halaman, dengan format satu  halaman berisi tulisan, dan satu halaman berisi galeri. Setiap kontennya akan mengupas satu dari beberapa bab :

Naskah / Tulisan

  • Artist : Mereka yang punya pengaruh dalam denyut kustom, contoh builder, pinstriper, painter, manager shop, (lebih ke person-nya).
  • Community : Bahasan mengenai profil komunitas, kegiatan, dan semua yang berkaitan tentang keberadaan komunitas.
  • Shop / Garage:  Profil tentang toko ataupun bengkel.
  • Showcase : Profil masterpiece karya, bisa mobil, motor, sepeda.

Gallery

  •  Gallery : Galeri Artwork, fotografi, pin up.

Materi-materi tersebut akan di sajikan setiap bab secara random, sebagai contoh misal bulan Juli mengupas profil artist, bulan Agustus komunitas, bulan oktober garage, bulan berikutnya shop, showcase, dll. Sehingga semacam itu gambaran konten “kustom kultur” di majalah Magic Ink. Semoga semakin bertambah luas jangkauan peredaran majalah, menarik sponsor, dan tentunya bermanfaat untuk semua pihak. Dengan ini, masukan ataupun saran sangat terbuka sebagai bahan cikal bakal kelangsungan konten. Mercy :)

Informasi lebih lanjut mengenai konten MAGIC INK MAAGZINE : KUSTOM KULTURE : 081392844833(huhum) / huhum_hambilly@yahoo.fr

Indonesian Kustom Kulture Festival

1 Comment

  1. cuyak_merdeka atau mati

    05/07/2013 at 8:38 AM

    Suport , seni budaya tanpa batas

Leave a Reply