Custom Holic Purbalingga – HD Sportster 2007 ‘El Ghuroba 3’

Menurut sang builder, tidak semua orang bisa mengendarai motor kustom hasil karyanya ini. “Posisi joystick terbuat dari spion truk jadul kemudian saya krom. Jadi yang belum terbiasa mungkin akan merasa kesulitan, perlu beradaptasi sebentar,” buka Chabib Abdillah, builder workshop Custom Holic yang berlokasi di Purbalingga tersebut.  Meski demikian, motor tersebut diklaim lebih stabil saat dikendarai dikarenakan mempunyai dimensi yang lebih panjang dari Sportster kustom lainnya.

 Film Easy Rider di tahun 70an menjadi inspirasi Chabib Abdillah untuk membangun motor yang diberi julukan Elguroba 3 tersebut. “Karena inspirasinya dari Easy Rider, maka saya tentukan tema King & Queen Blade. Tema ini berawal dari image motor kustom penjelajah dengan sissy bar tinggi untuk wadah carrier,” katanya.

Awalnya ia merasa tertantang ketika ada sebuah mesin HD Evo Injection yang dimensi nya lebih lebar yang jarang banget dijadikan bahan kustom. “Karena mesin yang agak panjang, biasanya kesulitan saat membuat frame. Nah, hal tersebut menjadi tantangan yang harus saya tuntaskan,” ungkapnya.

Kesulitan yang ia alami saat membuat design rubber engine mounting dengan ukuran lebih besar dan merubah system injeksi menjadi karburator untuk mengejar performa dan suara yang lebih menggelegar. Sektor frame rigid handmade bahkan  semuanya bisa dibilang handmade kustom kecuali bagian shockbreaker yang mengadopsi milik moge. “Meski begitu estetika tetap nomor satu, dan saya tetap memakai belt agar nyaman dan tidak berisik,” paparnya.

Stang ia adopsi model ape hanger inner throttle untuk memberikan kesan polos, bersih dan rapi di sektor handling. Headlamp dan stoplamp diambil dari foglamp truk jaman dulu. “Elguroba 3 punya arti Asing / Beda. Alhamdulillah ini adalah motor kustom ke 3 yg ikut kustomfest. Karena di Kustomnfest bukan kemenangan yang saya cari namun bisa terlibat dan ikut serta di Kustomfest adalah sebuah kebanggan dan kepuasan tersendiri bagi saya,” tutup Chabib

 

Info & Specification :

OWNER : Edi Wibowo

BUILDER : Chabib Abdillah

WORKSHOP NAME : Custom Holic

WORKSHOP ADDRESS : Jl. Raya Kemangkon 1/3 Purbalingga, Jateng

 

BIKE NAME :

El Ghuroba 3

 

CATEGORY :

American Chopper Bobber (BM 046)

 

ACHIEVEMENT :

Kustomfest 2017 Participant

 

FRAME / CHASIS

Type : Handmade Rigid

Frame Builder : Custom Holic

      

ENGINE

Type : HD Sportster

Capacity : 1200cc

Engine Builder : Akas Garage

Production Years : 2007

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply