Zone Modified Project Bandung – Honda CB400 Vtec 1

Impresi pertama saat melihat Honda CB400 Vtec 2001 garapan Zone Modified Project Bandung. adalah sangat rapi dengan tampilan yang garang dibalut bodi carbon Kevlar.  Menurut Peter dari Zone Modified Project, bagian tersulit dalam penggarapan motor ini merupakan bagian tangkinya, “Soalnya, aslinya besar kalau yang ini kecil, jadi rumit dan harus bikin ulang,” ungkap Peter.

Bodi CB400 cafe racer ini menggunakan carbon kevlar yang penggarapannya hanya dilakukan dalam waktu satu minggu. Selain itu beberapa bagian juga diganti dengan milik motor lain, seperti bagian suspensi, headlamp, lampu sein dan masih banyak lagi. “Lampu sein kustom sendiri, headlamp ganti Daymaker, upside down GSX-R1000,” paparnya.

Posisi lampu sein depan cukup menarik karena posisinya berada di ujung handle rem dan kopling. Hal ini membuat tampilan depannya semakin rapi dan minimalis tanpa mengurangi fungsi-fungsi lain dari si motor. Sebab motor ini memang di konsep untuk pemakaian harian. Makanya beberapa part seperti panel instrumen tetap dipertahankan. Pelek dan swing arm pun juga masih memakai bawaan CB400.

Sementara yang tetap dipertahankan dari motor ini hanyalah mesin, rangka panel instrumen, pelek dan swing arm saja. Dari sisi finishing, pemilihan karbon kevlar ini dimaksudkan untuk membuat tampilannya lebih garang dan galak.

Peter juga berpesan kalau mau membangun motor kustom hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan konsepnya serta jangan takut berkarya dan mencoba. A103/2018

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *