Coffee Gasoline Garage Solo – Yamaha Scorpio 225 2006 ‘Berkah Dalem’

Motor dengan basis Yamaha Scorpio 225 lansiran ini dibangun full custom oleh Yudha Nugraha builder workshop Coffee Gasoline Garage. Mulai dari rangka, kaki-kaki hingga body semua di kustom bergaya chopper. Dalam proses ini, Yudha Nugraha mengaku menanggalkan semua bagian motor Yamaha Scorpio 225 ini dan hanya menggunakan mesinnya saja. “Semua bagian motor yang digunakan hanya mesin saja, sisanya kita kustom ulang mulai dari rangka, suspensi hingga body seperti tangki bensin dan fender,” buka Yudha.

Sektor frame mengusung gaya hardtail rigid menggunakan material seamless steel tube dengan diameter kecil, hal ini bertujuan menyesuaikan dengan mesin dan profil roda belakang yang tidak besar Sementara, untuk mendapatkan proporsional bentuk yang sesuai dengan keinginan karakter sang owner, frame dikerjakan dengan memperhitungkan dari postur sang owner. “Motor ini konsepnya chopper, elegan dan tetap ada karakternya. Kebetulan owner juga maunya simpel gak banyak yang aneh-aneh,” ungkapnya.

Demi memunculkan kesan vintage yang kental, dipilihlah suspensi model springer. Bagian front end ini di kustom secara handmade perbagian. Ia akui bagian tersulit ada pada bagian proses pemilihan meterial besi agar springer juga tidak terlihat besar. “Kalo bagian belakang sudah skinny, depan juga harus clean dan simple maka dari itu springer harus rapih buatnya dan tipis kalau dilihat dari samping,” tambahnya.

Sissybar bergaya mini Yudha aplikasikan pada bagian fender belakang sebagai pemanis dan menyeimbangkan bagian rear fender yang rendah. Pada bagian tangki bensin, ia terinspirasi dari model mustang yang kemudian ia kustom ulang dibeberapa bagian agar menyatu dengan frame garapannya.

Sektor mesin hanya dilakukan overhaul mulai dari pergantian gasket, laher dan seal-seal. Porting polish juga dilakukan agar motor kembali memiliki kinerja mesin yang maksimal,” Tutup Yudha.A236/2018

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply