KUSTOMFEST BERI DAMPAK POSITIF UNTUK SEKTOR PARIWISATA YOGYAKARTA

Tercatat kurang lebih 28.000 orang kunjungi perhelatan Kustomfest – Back To The Roots pada tanggal 5-6 Oktober 2019 yang lalu. Bisa dibilang perhelatan Kustomfest mampu memikat sebanyak 28.000 orang untuk masuk ke wilayah Yogyakarta. Tak hanya dikunjungi oleh wisatawan nusantara namun juga mancanegara karena Kustomfest telah dikenal di kancah Internasional. Tujuan utama mereka sudah pasti untuk menikmati perhelatan yang diadakan setiap tahun tersebut, namun dibalik hal tersebut tentu saja perhelatan Kustomfest terbukti dan mampu memberi imbas positif bagi semua sektor khususnya di wilayah Yogyakarta.

Sektor pariwisata yang pertama terkena imbas positif dari perhelatan Kustomfest. Pengunjung tidak datang hanya untuk menyaksikan Kustomfest, namun mereka tidak akan melewatkan untuk menikmati suasana Yogya yang terkenal dengan kekayaan budaya dan peninggalan sejarah unik sekaligus berkunjung ke landmark-landmark Yogyakarta yang telah mendunia. Dengan meningkatnya jumlah pengunjung yang masuk ke Yogyakarta saat Kustomfest, otomatis terjadi peningkatan pula pada tingkat okupansi pada hotel di wilayah Yogyakarta.

Tingkat pembelian pada sektor kuliner dan sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) seperti cinderamata dan lain-lain juga menggeliat secara signifikan saat berlangsungnya Kustomfest. Efek berantai yang sifatnya positif tersebut berpeluang semakin dahsyat jika tiap Satu orang di 28.000 pengunjung tersebut mem-posting aktivitas mereka selama berada di Yogyakarta pada akun pribadi media sosial yang dimiliki.

Di posisi seperti sekarang, perhelatan Kustomfest terbukti turut mendukung Kementerian Pariwisata dalam hal kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara sekaligus memberi keuntungan positif bagi semua sektor yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung.

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply