Mitsubishi Colt T120 1974 Klaten – Kembalikan Nilai Sejarah Transportasi

Mitsubishi Colt punya sejarah tersendiri di kalangan masyarakat Yogyakarta khususnya mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM). Akhir tahun 70-an atau awal 80-an, moda transportasi angkutan umum masih di dominasi becak dan andong, belum ada yang bermotor. Sementara kendara pribadi roda dua atau roda empat masih relatif terbatas, khususnya di kalangan mahasiswa.

Seiring dengan munculnya kendaraan komersial Mitsubishi Colt, beberapa orang berinisiatif mengoperasikan kendaraan miliknya yang telah dimodifikasi menjadi pickup ala Colt dengan bak belakang tertutup terpal dengan tempat duduk berbentuk bangku panjang. Seiring waktu berjalan, Mitsubishi Colt menjadi sarana transportasi antar jemput mahasiswa UGM yang saat itu terkenal dengan sebutan “Colt Kampus”

Nilai sejarah dari Colt tersebutlah yang jadi dasar seorang Rosyad Nurdin ingin merestorasi secara total sebuah Mitsubishi Colt yang ia dapatkan dari hasil lelang yang diselenggarakan oleh UGM Fakultas Geografi. “Saya restorasi total mulai dari sasis, body, body part seperti lampu sein, speedometer, interior yang semuanya original,” ungkap Nurdin, owner sekaligus builder mobil ini.

Sektor kaki-kaki ia pertahankan originalnya hanya per bagian depan dipasang yang agak pendek. Baut-baut di galvanis sedangkan blok mesin ia sun blasting. Pengerjaan dilakukan di bengkel body repair di daerah Klaten yang kebetulan juga masih saudara dengan sang owner mobil. Pengerjaan memakan waktu sekitar satu tahun tanpa ada kendala yang bearti.

 

Info & Specification :

OWNER : Rosyad Nurdin

BUILDER : Rosyad Nurdin

WORKSHOP ADDRESS : Gatak 03/07 Bero Trucuk Klaten, Jateng

EMAIL : rosyadnurdin93@gmail.com

 

CATEGORY :

Airkooled (C 005)

 

ACHIEVEMENT :

Kustomfest 2018 Participant

 

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply