Spring Legacy Garage Bekasi – Yamaha XS 650

Proses pengerjaan motor chopper bermesin Yamaha XS 650 langsiran 1971 milik Alif Hatmadiansyah ini cukup memakan waktu lama. Pertama, karena ia hanya membeli mesin tanpa ada listrik dan karburator, kemudian Alif minta desain chopper yang sedikit rumit. “Owner sebenarnya sudah punya empat motor kustom yang dibikin di workshop kami, namun sekarang ia ingin bikin chopper yang sedikit bergaya nakal yang berbeda pada umumnya,” ungkap Aska Erlangga, builder dari workshop Spring Legacy Garage.

Setelah diskusi secara intensif antara mereka berdua, akhirnya diputuskan untuk buat frame yang sedikit berbeda yakni pada bagian as roda belakang ia buat model bulat yang kemudian ditutup sehingga memberikan kesan yang berbeda. “Memang rumit karena saya juga tidak mau as roda belakang dan bautnya terlihat,” kata Aska.

Saat proses pengerjaan dimulai, sang owner menginginkan bagian frame untuk di krom yang selanjutnya diaminin oleh builder. “Dari sinilah proses pengerjaan memakan waktu, karena ketika rangka di krom saya tidak mau las sambungan rangka terlihat. Saya ingin semuanya rapi,” paparnya. Meski beberapa memakai produk after market, namun Aska ingin tampil beda agar tidak terlihat seperti barang after market.

Inspirasi dalam membangun motor ini ia dapat dari builder-builder luar negeri namun ia kembangkan lagi agar tetap enak dilihat dan safety untuk dikendarai. “Dari semua bagian motor yang paling saya suka ya bagian framenya itu. Kita betul-betul mengerjakannya dengan sabar ditambah pasti lihat sana sini takut ada yang kurang oke. Kesulitannya saat beri pengertian ke owner jika buat motor yang berbeda harus sabar,” tutup Aska. A 015

 

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply