Woles Custom Kediri – Yamaha RD 350 1979

Yamaha RD350 merupakan motor sport yang diproduksi pada medio 70-an. Pada jamannya motor ini cukup diminati oleh para pencinta kecepatan di luar negeri. Mesin dua silindernya dapat menghasilkan tenaga sampai 39 dk. Nah oleh bengkel Woles Joxzin dari Kandangan, Kediri, Jawa Timur, RD350 1978 ini diubah menjadi bergaya flat track.

Pemilik motor ini, Pande Putra Ragil sudah mendiskusikan modifikasi pada motornya sejak setahun yang lalu. “Tahun 2016 udah bicarain maunya motor seperti apa, terus selama pengerjaan tetep komunikasi terus,” ungkap Builder Woles Joxzin M. Syaifudin.

Untuk membuat RD350 menjadi flat track, rangka standar dirombak sekitar 60 persen. Kemudian, tangki dibuat ulang dari bahan pelat galvanis sesuai gaya flat track yang kondang di Amerika. Sebagai pemanis tutup tangki memakai copotan Triumph.

Beralih ke bodi, bagian side plate dan jok dibuat menggunakan material yang sama dengan tangki, sedangkan ekor menggunakan milik Yamaha XS650. Pelat tempat nomor start di depan terbuat dari bahan akrilik. “Sesuai permintaan yang punya motor, kita beri ukuran yang 1 cm biar terkesan kokoh,” ujarnya.

Agar tongkrongan depan makin kekar, sok depan pakai punya Yamaha Byson yang berdiameter as 41 mm. Sedangkan belakang pakai copotan Harley-Davidson. Pelek menggunakan TK 18 inci dan dibalut karet bundar khas flat track dari Dunlop. Khusus roda depan posisi cakram dipindah ke sebelah kiri, agar terkesan seperti motor trail. Kemudian setang asli motor dilungsurkan dan diganti produk keluaran Pro Taper.

Mesin juga dikorek biar makin kencang, termasuk pasang cylinder head model belimbing khas motor 2 tak jadul. Makin mantap setelah pakai CDI BRT dan karburator Keihin PWK 28. Knalpot memakai DG Performance yang langsung diboyong ownernya dari Amerika.BM034/2017

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *