Catalunya Automodification Yogyakarta – Honda Civic Nouva 1990

Honda Civic EF atau lebih dikenal dengan Civic Nouva ini memang terlahir untuk menjadi salah satu legenda dalam keluarga Honda. Civic Nouva adalah pendahulu dari Honda Civic Estilo. Seperti Estilo, ukurannya kompak dan profilnya rendah yang membuatnya langsung terkesan sporty sekaligus punya ciri khas desain mengotak namun timeless dan sedap dipandang hingga kini. Hingga saat ini Civic Nouva masih digemari dan dicari untuk direstorasi sebagai EF9 yang performanya lebih gahar dan fitur yang lebih lengkap.

Seperti yang dilakukan oleh Sendhy Rachmawanto, pemilik Honda Civic EF langsiran tahun 1990 berkelir abu-abu ini. Ia memilih Civic EF untuk dimodifikasi karena menurutnya punya bentuk yang unik dan tak lekang oleh waktu. “Hampir semua bagian dari mobil ini menarik. Kesenangan tersendiri saat mengumpulkan part-part JDM nya,” ujar Sendhy.   

Mobil ini ia dapatkan dalam kondisi 50% bahan yang artinya sangat memerlukan penyegaran Kembali agar layak untuk dikendarai. Mau tidak mau Sendhy harus melakukan proses full restorasi di body, lantai dan cat. “Bagian yang mengalami kustom ada Lima sektor yakni exterior, interior, engine, audio dan undercarriage,” paparnya.

Untuk mesin masih mengandalkan bawaan aslinya namun untuk menyesuaikan dengan kondisi sekarang ini mesin di spec-up menjadi sistem injeksi dan cylinder head diganti dengan bawaan Honda Civic Ferio 1997 agar lebih bertenaga dan mumpuni di jalan raya. Selain spec-up mesin, engine bay juga mengalami wiretuck agar ruang mesin terlihat rapih, bersih dari kabel-kabel yang malang melintang.

Untuk kaki-kaki terutama velg, Sendhy memilih langsiran Enkei Ek98 3piece construction yang diklaim sebagai velg langka dan jarang beredar di pasaran. Bukan hanya itu, Air Suspension 2 titik langsiran Revolt.id Catalunya juga dipasang untuk semakin mempermudah setting ketinggian suspensi sesuai dengan kondisi jalan.    

Untuk interior, jok original dilepas diganti dengan jok bawaan Honda CRX yang tampilannya sudah semi bucket racing seat. Dengan pemasangan jok ini, tampilan mobil menjadi lebih sporty dan gahar.

”Pengerjaan memakan waktu sekitar dua tahun. Terkendala saat hunting part-part JDM dan aftermarket yang harganya cukup mahal,” tambah Sendhy. Dikatakan, style mobil yang ia kedepankan yakni menampilkan mobil retro tahun 1990an namun tetap up to date. C001

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply