Kustomfest 2020 : Sebagai Penanda Sejarah, Semangat Sekaligus Idealisme Untuk Mewujudkan Dan Menampilkan Karya Terbaik

Sore hari 27 Oktober 2020, bak sebuah refleksi atas peristiwa Kongres Pemuda II 1928, perwakilan pegiat kustom kulture “menggugat” KUSTOMFEST melalui sebuah diskusi panjang untuk mewujudkan gelaran KUSTOMFEST 2020 – UNRESTRICTED, dan harus terlaksana tahun ini juga! Keadaan hari ini, pandemi  Covid – 19 telah menyudutkan kita pada suatu kondisi serba “terbatas”, situasi yang mendesak pada titik pergerakan bersama untuk saling menguatkan.

Maklumat penundaan yang telah disampaikan menimbulkan tanda tanya besar? haruskah kita menyerah oleh keadaan ini? apakah kemudian KUSTOMFEST 2020 tidak mungkin dilaksanakan? apakah tidak ada solusi yang bisa dilakukan? banyak pertanyaan yang menimbulkan rentetan pembicaraan, tuntutan, usulan, kritikan dan berujung pada sebuah interupsi untuk memerdekakan “kehendak” atas nama idealisme kustom kulture.

KUSTOMFEST bukanlah semata tentang perkara menggelar sebuah “event” saja! ini adalah ruang perayaan atas jengkal proses yang membentuk karakter kustom kulture Indonesia. Ini bukan hanya soal ratusan, bahkan ribuan workshop kustom yang bertumbuh, lebih dari sekedar geliat industri kustom yang terus bertambah. KUSTOMFEST adalah wujud pemikiran, jatidiri dan sikap yang akan kita wariskan pada  satu, dua bahkan berpuluh generasi mendatang di Indonesia.

Penundaan itu sudah usai ! Hari ini 28 Oktober 2020 bertepatan dengan peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda kami mengajak seluruh entitas dan pegiat kustom kulture Indonesia untuk bersiap, bersama bergerak, berhimpun, bersatu merayakan KUSTOMFEST 2020 sebagai “penanda” sejarah, sebuah semangat dan idealisme untuk mewujudkan dan menampilkan karya dengan tetap berpedoman kepada protokol perlawanan Covid – 19 !

Salam KUSTOMFEST, Build. Ride. Respect !

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply