Segara Motorcycle Samarinda – HD Sportster 883 2009 ‘Segara’

Meski bergaya chopper namun penampakannya bikin adem mata, seakan chopper ini santun tapi tetap berwibawa. Ini berkat pemilihan warna saat proses finishing yang dipilih untuk menyelaraskan tema yang diusung yakni Segara. Kata tersebut dalam bahasa jawa diucap Segoro atau Laut, “filosofinya agar bisa mengantarkan karya kami menyeberang lautan menuju Kustomfest,” buka punggawa workshop Segara Motorcycle, Chairul Anwar.

Untuk mendapatkan warna air laut yang diinginkan dan sesuai dengan tema, Chairul mengoplos warna Hijau Tosca lalu ditambahkan sedikit detil memyerupai ombak laut di bagian tangki bahan bakar, tangki oli dan rangka. “Warna ini juga sesuai dengan permintaan owner sekaligus pertama kalinya saya belajar ngecat sendiri dengan hasil yang menurut saya memuaskan,” imbuhnya. Bukan hanya itu saja, 2022 juga menjadi pertama kalinya Chairul riding bersama kawan-kawan dari Samarinda menuju Kustomfest dengan membawa motor kebanggaan.

Semua pengerjaan motor dilakukan langsung di bengkel Segara Motorcycle kecuali bagian jok yang berkolaborasi dengan seniman lokal kota Samarinda. Bagian frame Chairul kustom handmade dengan menggunakan bahan pipa Sch 40 diameter ¾ mm tebal 4. Untuk mesin serta transmisi masih standar memakai bawaan HD Sportster 883 2009, hanya saluran gas buang yang ia kustom sistem freeflow menggunakan pipa Sch40 diameter 1,5mm dengan panjang yang disesuaikan.

Kemudian sektor kaki-kaki, mulai dari shockbreaker depan yang diubah dengan memanjangkan travel as shock nya sepanjang 5cm dan dilakukan proses bubut pada bagian bottom shock agar lebih rapi. Lalu sistem pengereman bagian belakang memakai kaliper bawaan HD yang dioplos dengan piringan cakram langsiran BikingBoy diameter 29,2cm.

Chairul juga mengungkapkan jika banyak menemui kesulitan saat pengerjaan dikarenakan ini pertama kalinya ia memodifikasi motor bermesin besar, “keterbatasan alat dan bahan baku juga jadi poin utama kesulitan yang dihadapi,” tutup Chairul. 2022/021

 

BIKE NAME : Segara

BUILDER : Chairul Anwar

WORKSHOP : Segara Motorcycle

WORKSHOP ADDRESS : Jl. Mess PT Segara, Samarinda, Kalimantan Timur

OWNER : Yustinus Novandion Koten

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *