Trueway Garage Bali – Kawasaki KZ200 ‘Kaidho’

Resah karena setiap bangun motor kustomer tidak ada yang pernah sampai finishing bikin Dewa Arik mantap untuk bangun motor kustom dengan style sendiri. “ini motor saya konsep dan kerjakan sendiri di bengkel Trueway Garage,” buka owner sekaligus builder Trueway Garage tersebut. Memilih tema Japanesse chopper karena suka dengan style chopper Jepang di samping itu dirinya juga terinspirasi dengan builder Jepang Luck MC.

Meski dikerjakan sendiri, bukan bearti tidak ada kendala dalam pengerjaan. “pas bikin leher komstir agak ribet. Karena saya buat agar terlihat putus,” ujarnya. Selain kesulitan dalam hal teknis, ia juga sempat banyak menerima kritikan. Namun Dewa tetap teguh dengan konsep awal dan style sendiri.

Bagian rangka sendiri ia kustom handmade dengan pipa seamless diameter 37mm dan 25mm. Kemudian dapur pacu masih standar hanya dilakukan rebuild sekaligus dipoles dan aplikasi sand blasting di bagian cover serta crankcase. Lalu sistem transmisi diubah ke model suicide clutch. Untuk gas buang ia kustom dengan pipa HK diameter 41mm yang ujungnya dipotong dan dibentuk seperti bambu runcing.

Beralih ke bagian kaki-kaki dimulai dari peredam kejut bagian depan yang menggunakan langsiran Yamaha Scorpio. “bottom shock saya bubut dan as shock ditambah 15cm. Lalu segitiga pakai original KZ200 namun lubang as nya diperbesar menyesuaikan dengan diameter as Scorpio,” jelasnya. Lalu velg pakai bawaan Suzuki TS125 untuk depan dan belakang memakai langsiran Mitsuyo. Lantas pengereman bagian depan ia gunakan tromol CB200 dan bagian belakang pakai discbrake Yamaha Byson.

“kalau penerangan saya pakai aftermarket bikinan US tapi dikustom bracket stoplamp yang sekaligus jadi sissybar motor ini,” ucapnya. Tidak detil-detil juga ia tambahkan ke motor berjuluk ‘Kaidho’ ini, seperti bagian tangki yang diukir dan ditanam menggunakan bahan almunium. Terakhir ia finishing dengan cat warna Black Purple yang diberi silver leaf di bagian samping tangka, “saya pilih warn aini supaya terlihat elegan dan sangar,” pungkasnya. 2022/244

 

BIKE NAME : Kaidho

BUILDER : Dewa Arik Abung

WORKSHOP : Trueway Garage

WORKSHOP ADDRESS : BR Pengosekan Kaja Mas Ubud, Gianyar, Bali. 80571

OWNER : Dewa Arik Abung

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *