Alpha Siera Custom Surabaya – Honda C100 “Kyai Semar”

Menurut Agus Hidayanto, tampilan motor C70 yang dikustom gaya street cub maupun choppy cub kebanyakan naked ataupun terondol. “Dari situ, coba menampilkan C70 dengan kustom yang berbeda,” papar pria yang juga builder dari workshop Alpha Siera Custom tersebut.

Lahirlah konsep bagger klasik yang minim aksesoris agar terlihat simpel. Sebelum seperti bentuk yang sekarang, tercatat hingga Empat kali motor ini mengalami perubahan karena kurang sesuai dengan yang diinginkan. Ban depan juga sempat diberi sepakbor namun karena dirasa kurang liar maka akhirnya dilepas.

“Agar terlihat makin simpel dan rapi maka saya sembunyikan kabel-kabel agar tidak terlihat berserakan,” ungkapnya. Dikatakan, proses pengerjaan memakan waktu satu bulan dan dalam praktiknya sang builder tidak mau terlalu over seperti harus lembur hingga malam hari.  

Bagian mesin ia spec up kapasitasnya menjadi 130cc dengan mengganti semua jeroan mesin dengan bawaan Honda Sonic dan blok mesin milik Honda Legenda. “Setelah spec-up sempat saya pakai riding ke Jogja dan tanpa masalah bearti,” katanya.

Detil-detil juga sangat diperhatikan oleh Agus seperti wujud patung semar di tongkat persneling. Patung Semar ini ia klaim terbuat dari bahan kuningan asli yang didapat dari pengrajin kuningan di daerah Juwana Pati. Tidak hanya tongkat persneling yang terbuat dari kuningan, bagian tangka bahan bakar juga kustom dari alumunium dan kuningan.

Selanjutnya bagian velg dan tromol yang di kustom menjadi 72 lubang, jok memakai kulit sapi asli yang di kustom menjadi kulit buaya. “Di motor ini beberapa masih menggunakan part ori motor Honda seperti sayap depan dan panel lampu milik Honda Unyil C102,” ujarnya.

Detil menjadi perhatian utama karena menurutnya untuk bisa lolos dalam Kustomfest motor kustom harus sedetil mungkin. “Selain itu, bisa lolos masuk Kustomfest merupakan sebuah penghargaan tersendiri bagi saya,” tambah Agus.

Motor ini ia namakan Kyai Semar merujuk dari kesederhanaan tokoh Semar yang diwujudkan dalam motor kustom miliknya. “Bentuk sederhana dari depan sampai belakang yang utuh sekaligus bersinergi,” tutup Agus. A225


Info & Specification :

OWNER : ARIF NURDIANSYAH

BUILDER : AGUS HIDAYANTO

WORKSHOP NAME : ALPHA SIERA CUSTOM

WORKSHOP ADDRESS : RUNGKUT ASRI BARAT 10/39 SURABAYA JATIM 60293

EMAIL : ALPHASIERA.CUSTOM@GMAIL.COM

 

BIKE NAME :

KYAI SEMAR

 

CATEGORY :

Chopper Bobber

 

ACHIEVEMENT :

Kustomfest 2018 Participant

 

FRAME / CHASIS

Type : CUSTOM SUBFRAME

 

ENGINE

Type : C100/ ASTREA SERIES

Capacity : 130 CC

Engine Builder : ALPHA SERA CUSTOM

Production Years : 1994

 

WHEELS, SUSPENSION & BRAKE

Front & Rear Wheels : VELG R18 FRONT & R17 REAR

Front & Rear Tires : WHITE WALL R18 FRONT & WHITE WALL R17 REAR

Suspension System : FRONT ORIGINAL C70 CUSTOM AS & RIGID (REAR)

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply