Three Monkeys Engineering Semarang – Yamaha XS650 1974 “Arnesh”

Untuk memiliki chopper ini tidak serta merta seperti membalikan kedua tangan. Sang pemilik, Dhony Nugraha Putra membangun motor ini dengan penuh perjuangan.  “keinginan awal bikin motor itu sudah ada sejak tahun 2014, tapi karena terkendala biaya baru bisa merealisasikannya di tahun 2018,” buka Dhony. Hasil gajinya selama berlayar di kapal, ia kumpulkan semua hanya demi membangun motor ini

Setelah dirasa modal terkumpul, ia tidak langsung membeli motor secara utuh. Namun ia awali dengan membeli sebongkah mesin terlebih dahulu. Mesin Yamaha XS650 menjadi pilihannya sekaligus sebagai titik awal membangun motor. Mesin dengan nomor seri 447 langsiran tahun 1974 ini didapat sudah dalam kondisi standar namun sudah melalui proses rebuilt atau semua part internal sudah diganti dengan yang baru. “cover/tutup magnet saya ganti dengan cover yang didesain berupa aksen rantai jangkar kapal, stir kapal dan nama motor Arnesh sekaligus inisial nama saya DNP dengan bentuk cembung seperti 3D. Semuanya dibikin dari billet alumunium di mesin CNC milik Double H Chopper Semarang,” ujarnya.  

Setelah urusan mesin beres, kemudian ia mencari referensi bengkel yang akan dipercaya membangun dan mewujudkan motor impiannya. Setelah diskusi panjang menyatukan persepsi dengan seorang builder yang bernama Onny dan merasa cocok sekaligus percaya maka akhirnya Workshop Three Monkeys Engineering diberi mandat untuk mewujudkan motor impiannya tersebut.

Berbagai referensi konsep motor diperoleh dari sosial media baik dari builder dalam negeri maupun luar negeri yang kemudian ia diskusikan dengan builder workshop Three Monkeys Engineering. Setelah melewati berbagai diskusi, akhirnya dipilih tema skinny chopper dengan dasar alasan untuk menyesuaikan dengan ukuran tubuh owner dan penampilan yang simpel.

“Singkat cerita, bulan Agustus 2018 progress motor masih terbentuk full frame saja sedangkan pernik-pernik yang lain belum ada sedangkan saya deadline agar motor dipersiapkan bisa tampil di Kustomfest,” paparnya. Diskusi kembali terjadi untuk membahas agar motor bisa siap tampil di Kustomfest. Hasil dari diskusi tersebut yakni owner memutuskan untuk selama satu bulan penuh hadir dan mendampingi proses pengerjaan di workshop. Bukan hanya mendampingi tapi juga ikut berbelanja part-part di wilayah semarang, “jadi saya tahu persis setiap part yang dibuat dan dibeli pada motor ini,” tambah Dhony.

Optimalisasi pengerjaan dilakukan selama sebulan untuk segera menyelesaikan motor dari membuat tangka, membuat box kelistrikan, box battery, tromol depan, fender belakang, sissy bar, knalpot hingga plat untuk jok. Proses pengecatan juga dikerjakan selama empat hari saja namun tidak asal-asalan.

Sektor frame motor ini menggabungkan dua material yaitu pipa seamless dan stainless steel. Jadi di setiap sambungan menggunakan bahan stainless steel yang terlebih dahulu dibubut sedemikian rupa sesuai yang diinginkan kemudian teknik menyambung dengan menggunakan las kuningan agar kedua material yang berbeda tersebut dapat menyatu dengan sempurna.

70% motor ini dibuat dengan proses handcrafted menggabungkan beberapa material seperti besi, stainless steel, kuningan dan alumunium billet. Dikatakan jika proses pembuatan membutuhkan waktu yang lama serta tingkat ketelitian tinggi agar dicapai hasil yang maksimal sesuai yang diinginkan

Total pengerjaan motor ini memakan waktu sekitar tujuh bulan. “Banyak usaha dan perjuangan yang sudah saya curahkan untuk motor ini. terlebih ini adalah motor kustom pertama dari hasil jerih payah sendiri,” tutup Dhony. A023


Info & Specification :

OWNER : DHONY NUGRAHA PUTRA

BUILDER : ONNY WIDIYATAMA 

WORKSHOP NAME : THREE MONKEYS ENGINEERING

WORKSHOP ADDRESS : JL PADI XV BLOK C NO 913 PERUM GENUK INDAH SEMARANG JAWA TENGAH 50117

EMAIL : THREEMONKEYSENGINEERING@GMAIL.COM

 

BIKE NAME :

ARNESH

 

CATEGORY :

Japan Chopper Bobber

 

ACHIEVEMENT :

Kustomfest 2018 Participant

 

FRAME / CHASIS

Type : SKINNY CHOPPER RIGID

Frame Builder : THREE MONKEYS ENGINEERING 

Production / Year : 2018

 

ENGINE

Type : YAMAHA XS 650

Capacity : 653 CC

Engine Builder : BENK2 PENDOWO MOTOR SEMARANG

Production Years : 1974

 

WHEELS, SUSPENSION & BRAKE

Front & Rear Wheels : TK JAPAN FRONT 21-1.60 & REAR 18-2.50

Front & Rear Tires :FRONT TIRES AVON SPEEDMASTER 21-3.00 & REAR TIRES SHINKO E-270 18-4.00 

Suspension System : FRONT SUSPENSION TELESCOPE & REAR SUSPENSION NOT AVAILABLE (RIGID)

Brake System : FRONT BRAKE SYSTEM IS BRAKELESS & REAR BRAKE SYSTEM IS DISK BRAKE

 

PIPES & EXHAUST

Exhaust System Pipes : FREEFLOW

Exhaust System Material : STAINLESS STEELS DIAMETER 35 MM

Exhaust System Builder : THREE MONKEYS ENGINEERING

 

BODY WORKS & PAINTING

Body Works Material : PLATE GALVANIC 1.5 MM & PLATE STAINLESS STEELS 304 1.5 MM

Body Works Artist : THREE MONKEYS ENGINEERING

Painting Materials : GLITTER, AIR BRUSH & METAL FLEX

Painting Artist : RIEF AIRBRUSH SEMARANG

 

OTHER PARTS & ACCESSORIES

Seat : CUSTOM SINGLE SEATS 

Headlamp : OLD CAR FOG LAMP

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply