Blacksmith Custom Sleman – Honda Tiger 2003

Motor kustom ini sempat mangkrak selama kurang lebih tiga tahun di bengkel kustom di daerah Kulonprogo. “Selama disana, sudah beberapa kali saya tegur untuk segera diselesaikan, namun hasilnya selalu nihil yang akhirnya diputuskan untuk dipindah ke workshop saya,” ungkap Sigid Widodo.

Kemudian ia sharing ide dengan pemilik motor, mulai dari bentuk, warna dan lain-lain. “Tema yang dipilih Scrambler, karena scrambler itu simpel, enak dan nyaman buat dikendarai harian,” katanya.

Sektor frame bagian belakang dibuat ulang dari nol menggunakan pipa ukuran ¾ inchi. “Karena rangka bagian depan masih ori milik Tiger, akibatnya kita harus sedikit menyesuaikan cover bodi ke rangka tersebut,” paparnya.

Bagian mesin hanya dilakukan sentuhan ringan seperti porting and polish kepala silinder. Dikatakan, modifikasi ringan tersebut agar mesin lebih responsif saat akselerasi karena sebenarnya mesin standart Tiger sudah mumpuni untuk diajak riding dengan catatan kondisi mesin dalam keadaan prima. Untuk menjaga suhu oli mesin tetap stabil saat diajak menerjang kemacetan maka dipasang oil cooler aftermarket. 

Sementara bagian kaki-kaki ia buat sendiri dan mengganti suspensi bagian depan dengan sistem teleskopik copotan Honda CB650.  Bagian belakang mengadopsi Daytona ukuran 36 agar lebih tinggi dan mumpuni saat diajak menerjang off-road atau naik bukit. Supaya mesin tidak terbentur dengan batu saat hillclimb, ia pasang engine guard dari bahan almunium.

Kemudian sektor penerangan terutama headlamp ia kustom dari produk Polaris ukuran 3,5 inchi. “Body saya bikin seminimal mungkin biar kesan entengnya dapet. Seperti tutup aki yang berukuran kecil. Meski kecil tapi tetap harus memperhatikan estetika juga,” tuturnya. Ia mengatakan jika saat membuat cover headlamp membutuhkan waktu yang cukup lama, “headlamp itu menentukan semua semuanya. Bagi saya, headlamp itu seperti muka. Kalau muka jelek maka semuanya jadi ikut jelek,” tambahnya. Sebelum eksekusi, model headlamp ia gambar terlebih dahulu dalam bentuk sket untuk kemudian ia tunjukan ke pemilik motor. “Selalu ada adu argumentasi dengan pemilik saat membuat motor kustom, namun semua itu pasti ada jalan tengahnya,” tutup Sigid. SC005

Info & Specification :

OWNER : SIGID WIDODO

BUILDER : SIGID WIDODO

WORKSHOP NAME : BLACKSMITH CUSTOM

WORKSHOP ADDRESS : JL. PALAGAN KM. 8 MUDAL SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN

EMAIL : CUSTOM-BLACKSMITH@GMAIL.COM

 

CATEGORY :

Honda Scrambler

 

ACHIEVEMENT :

Kustomfest 2017 Participant

 

ENGINE

Type : GL 200 SPORT TIGER

Capacity : 200 cc

Production Years : 2003 

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply