Icon Autoworks Surabaya – Chevy 3200 Stella

Mobil ini diperoleh masih dalam tahap bahan, belum mendapat sentuhan restorasi yang sempurna sekaligus dempul yang membanjiri seluruh bodi ditambah mesin dalam kondisi mogok. “Sejak awal memang saya ingin bangun mobil langsiran Chevy, maka saya pilihlah Chevy Truck tipe yang sekarang ini untuk dikustom sesuai style yang saya inginkan,” ungkap Erman Winata, owner sekaligus builder workshop Icon Autoworks.

Erman memilih untuk restomod yakni restorasi yang memakai fitur-fitur baru seperti piranti AC, Power Windows, Power Steering, Air Suspension dan lain-lain. Proses restorasi dibagi dalam beberapa tahap seperti custom frame, custom kaki-kaki, dudukan bodi, bracket airbag, racksteering dan lain-lain.

Sejarah Chevy Truck sendiri juga membuat dirinya memilih mobil ini untuk di bangun. “spare part dan mesin apa yang akan dipasang juga pilihannya banyak, jadi memang sangat menarik mobil ini disamping unik bentuk bodinya,” papar Erman

Karena masih berupa bahan dengan kondisi yang jauh dari baik, maka ia putuskan untuk restorasi total dari sektor sasis, undercarriage, eksterior interior, engine hingga in car entertainment yang semuanya dikerjakan sendiri di workshop Icon Autoworks.  

Sektor mesin ia swap dengan Chevy 383 ditambah stroker kit yang dipadukan dengan transmisi langsiran Tremec. Bagian mesin beberapa mendapat sentuhan kustom di bagian pendukungnya seperti engine mounting (dudukan mesin), reservoir tank yang dibikin dari material aluminium, custom radiator dan custom oil catch tank.

Karena mobil ini juga mengusung style lowrider, maka bagian kaki-kaki banyak mendapat sentuhan kustom. Yang utama yakni adopsi air suspension untuk setting ketinggian mobil, kustom rangka, kustom bracket airbag dan kustom upper lower arm sekaligus kustom steering system with racksteer. Untuk sistem pengereman ia rubah dari drum menjadi disc brake dengan spesifikasi Brembo GT6 POT 355mm rotor untuk depan dan Brembo GT4 POT 355mm rotor untuk pengereman belakang.

“Untuk pemanis, di landasan bak truk nya kita kustom menggunakan papan kayu dan plat aluminium. Untuk air suspension kit kita buat box dan jalur-jalur anginnya kita buat dari pipa tembaga yang dipoles,” papar Erman..

Total pengerjaan memakan waktu sekitar Enam bulan dan selama waktu tersebut tidak ada kendala yang bearti. Hanya menurutnya butuh ide-ide kustom saja saat tidak menemukan parts yang dicari

Menurutnya, bagian yang paling menarik dari mobil ini ada di sektor kaki-kaki dan mesin. “Mobil ini sekarang masih dalam tahap untuk di upgrade lagi terutama bagian sasis yang kedepannya bakal full kustom,” tutup Erman. C 017

 

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply