Jezel Motorworks Salatiga – Honda Astrea Impressa 2001 ‘Infinite Dreams’

Motor Honda Astrea Imppressa ini merupakan hasil kerja keras pertama yang dibeli sang pemilik di tahun 2000an. Sempat lama tidak terpakai dan merasa sayang jika dibiarkan menua begitu saja memunculkan ide pemilik untuk memodifikasi kustom motor ini.

“Awal mulanya memang mau restorasi ke bentuk originalnya Honda Astrea Impressa, namun setelah ngobrol soal motor sama temen yang hobi custom motor, akhirnya terinspirasi untuk modif custom pada motor saya tersebut,” papar sang owner, Donny May Rendra. Konsepnya terinspirasi dari motor klasik honda C70 dan model streetcub tapi dengan menampilkan sedikit nuansa krom.

Kustom motor ini cukup frontal, mulai dari body asli semua dicopot, rangka dibiarkan naked hanya dilakukan repaint dan finishing saja. Sementara handlebar memakai bawaan Kawasaki Ninja dan throttle gasnya mengadopsi sistem kabel internal yang dimasukan ke dalam pipa handlebar yang ditunjang dengan handle brake yang mengadopsi model klasik, hasilnya tampilan luar terlihat lebih bersih dan simpel. Banyak part bawaan Honda C70 di motor ini, seperti knalpot, sayap bodi depan dan tangki bahan bakar.

“Kesulitan paling besar menurut saya adalah saat menampilkan dari bentuk Astrea Impressa menjadi bentuk se-klasik Honda C70. Terutama bagian samping mesin, karena bentuknya sangat berbeda,” ujarnya. Pada bagian mesin masih menggunakan mesin asli Astrea Impressa, namun agar tampilan Honda C70 utuh secara keseluruhan maka makan bagian mesin tersebut ditutup dengan crankcase copotan Honda C70 yang dilas dengan crankcase Astrea Impressa.

Jok memakai bahan stainless steel yang dikustom dengan laser cutting. Ide jok ini sedikit liar namun mampu menghasilkan karya yang unik. Beberapa detil pemanis cukup unik seperti lampu belakang yang dibuat dari lampu sepeda yang kemudian dibaut memakai ruji sepeda

“Optimisme harus tetep dijaga saat menyelesaikan karya kustom dengan bentuk yg kita rencanakan dan kita inginkan. Pasti saat proses banyak mengahadapi halangan, yang penting tetep fokus dan optimis,” tutup Donny.BN045/2017

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply