Lawless Garage Depok – Shovelhead 1976 ‘Crazy Frank’

Pemilik Harley Davidson tipe FXE Super Glide rilisan tahun 1976 ini memang sudah cukup lama mengidamkan memiliki Shovelhead dengan fender Crazy Frank. Kemudian mereka sepakat untuk cari bahan dan membangun sebuah motor custom bareng. Proses pengerjaan hanya memakan waktu dua minggu dan hasil olah pikiran keroyokan antara para owner dan builder Ucup Lawless dari Lawless Garage.

Proses pengerjaan diawali oleh rekan owner yang menghubungi Ucup dan bercerita tentang project ini, apakah Ucup tertarik untuk membangun motor ini. Kebetulan Ucup juga memiliki keinginan untuk mengerjakan motor menggunakan fender Crazy Frank. Dari situ proses menyusun konsep dan mencari referensi segala hal tentang Crazy Frank dan arah design motor yang di inginkan. Pemilik juga sebelumnya sudah banyak mencari referensi di beberapa forum online tentang fender Crazy Frank, baik itu manual pemasangan, dan referensi foto-foto.

Beberapa perkerjaan tahap awal yang dilakukan oleh Lawless Garage adalah, mendesign dan fabrikasi fender Crazy Frank plus sissy bar. Selain itu salah satu pekerjaan yang cukup rumit dan memerlukan perhitungan yang teliti adalah proses merubah posisi dudukan shock breaker belakang agar derajat kemiringannya sesuai. Hal ini dilakukan agar supaya fender Crazy Frank nantinya bisa dipasang dengan stance yang proporsional tanpa harus mengganti shock breaker belakang dengan ukuran yang lebih pendek.

Pengerjaan di area body work yang lain juga termasuk memapas tangki bahan bakar bawaan motor agar menjadi lebih ramping, mendesign dan fabrikasi jok model King & Queen. Untuk mengejar stance motor keseluruhan agar memiliki aura motor custom era tahun 70an, bagian front end dibikin lebih panjang, sementara penggunaan stang model bull horn membuat motor ini memiliki posisi riding dan handling yang nyaman. A032/2018

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *