Jezel Workshop Salatiga – Honda Megapro 2001 ‘The Warthog’

Owner dari motor ini berprofesi sebagai arsitek dan punya selera cukup unik dalam memilih style motor. Detail, kerapian dan keunikan adalah tiga hal yang selalu ditekankan dalam proses custom motor ini. Ia melakukan custom pada Honda Mega Pro 2007 ini bukan karena ikut tren pada jaman sekarang tapi lebih pada proses dan kesukaan akan jenis motor bergaya lawas yang pernah ada dan menginspirasi.

Konsep motor dipilih Boardtracker, style motor yang tren pada tahun 20–30an. Di jamannya motor ini digunakan untuk balap di lintasan papan. Hal tersebut menginspirasi bahwa motor balap tidak harus seperti motor balap era sekarang yang berbentuk besar dengan kaki-kaki tebal dan lebar.

Hampir 90% bagian motor Boardtracker yang dibangun oleh workshop Jezel Motorworks ini dibuat kustom, dari rangka hingga tampilan mesin di kustom. Pertama adalah bagian bodi dan kaki-kaki, pada bagian rangka dan tangki dibuat sendiri secara kustom. Sesuai dengan tipikal motor boardtracker, tangki mengunakan sistem tangki gantung atau di sebut roundtank. Sektor kaki-kaki, bagian depan menggunakan single springer yang sedikit berbeda dengan kebanyakan motor klasik yang menggunakan dua springer.

Penambahan cover alumunium pada bagian mesin bertujuan untuk menambah kesan motor klasik. Head dan leher mesin di bikin membulat karena ingin mencari kesan mesin klasik yang dipakai pada era 20-30an. Meski punya penampilan tua, namun motor ini tetap menggunakan sistem elektrik modern, yakni mengunakan double starter yang di hubungkan dengan remote. Sementara headlamp yang terkesan retro, namun didalamnya menggunakan LED untuk sistem pencahayaan motor. | BN012

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply