Protechnics Moto – HD Sportster XL 1200 ‘Orgasmatron’

Harley Davidson Sportster XL 1200 ini diubah jadi bernuansa klasik modern oleh Ari Supriyanto, builder dari Protechnic. “Semua berawal dari iseng-iseng saya beli mesin Sportster XL 1200. Yang jual kebetulan kawan, jadi bayarnya suka-suka saya,” ungkapnya. Ia coba menghadirkan tampilan yang simpel dan mudah dikendarai. Tampilan simpel diterapkan di semua bagian motor, mulai dari sektor bodi, sasis, part dan kaki-kaki.

Rangka dibuat rigid dengan memakai pipa seamless German Gaspipe ukuran 31,8mm. “Sengaja dibikin rigid agar terlihat semampai dan padat tidak terlihat kosong saat ditanam mesin twin head,” ujar Ari. Kaki-kaki sedikit gambot sehingga swing-arm harus menyesuaikan sedikit.

Agar mesin big twin semakin terlihat padat, bagian tangka dibuat menyerupai Sportster 48 yang minimalis. Tangki tersebut dibuat dari alumunium setebal 3mm. Selain tangki, sepakbor depan-belakang juga terbuat dari alumunium tersebut. “Tulisan Ormastron di bagian tangki merupakan album dari band Motorhead. Untuk angka 86 merupakan nomor start saya saat balapan motorcross,” katanya.

Kemudian bagian kaki-kaki khususnya velg disematkan model palang bawaan Kawasaki KZ600 ukuran 2.50×18 depan dan 3.00×16 bagian belakang. “Untuk shockbreaker depan teleskopik, nyomot dari Honda CBR600RR tahun tua,” tutup Ari | BM020       

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply