Sinyo Edan Cimahi – HD Electra Shovel 1974

Setiap orang berhak untuk berpendapat atau mengeluarkan opininya masing-masing, dengan garis bawah opini tersebut tidak merugikan orang lain ataupun menyebabkan suatu gangguan keamanan. Seperti apa yang dikatakan oleh Budi Santoso, owner dari motor kustom ini. Ia punya opini jika jenis mesin Harley itu hanya dua, Knuckle dan Shovel. Selebihnya menurut dia hanya dibuat untuk melengkapi saja.

Hal tersebut yang membuat seorang Budi Santoso memboyong mesin Shovel Electra untuk ditanam di motor kustom miliknya. “Motor saya haruslah mengandung unsur jenis mesin piihan. Dapat diandalkan, mudah dikendarai dan kudu diekpos habis sektor mesinnya,” buka Budi.     

Dikatakan, ide berasal dari pemikirannya sendiri yang di diskusikan secara intens dengan sang Builder, Sinyo Edan. Bobber chopper dipilih jadi tema agar lebih menonjolkan mesin shovel yang dipasang. Untuk mendukung hal tersebut, cover bodinya dibuat sangat minimalis.

Rangka ori tetap ia pertahankan dengan alasan yang cukup masuk akal. “saya percaya rangka ori sudah paling aman dan nyaman tidak perlu lagi diberi ubahan kustom pada bagian rangka,” ungkapnya. Untuk membuat bagian belakang menjadi lebih rebah, shockbreaker ori diaplikasikan lowering kit kurang lebih 5 cm.

Pengerjaan motor butuh waktu enam bulan dan dalam rentang waktu tersebut dirinya tidak menemui kesulitan yang bearti selain membujuk istri owner untuk memperbolehkan inisial Namanya di tulis di tangki motor. “Inisial STJ dan RK di tangka merupakan inisial nama saya dan istri,” sebutnya.

Kemudian Sinyo melabur mesin shovel dengan kombinasi cat warna merah hitam yang menjadikan motor ini terlihat sangar namun tetap elegan karena paduan warna merah-hitam dengan tembaga plus grafis. Kombinasi tadi yang menurut owner sangat spesial di motornya.

Setelah jadi, motor ini sering di ajak riding Jogja-Bali PP oleh sang owner. “awalnya tiap riding meski jarak dekat atau jauh, saya selalu spare busi 2 biji karena problem selalu ada di bagian busi. Namun setelah saya ganti karburator bikinan Jepang masalah tersebut hilang,” tutup Budi.

 

Info & Specification :

OWNER : Stj Budi Santoso

BUILDER : Sinyo

WORKSHOP NAME : Sinyo Edan

WORKSHOP ADDRESS : Cimahi, Bandung

 

CATEGORY :

American Chopper Bobber (BM 049)

 

ACHIEVEMENT :

Kustomfest 2017 Participant

      

ENGINE

Type : HD Electra Shovel 1974

Indonesian Kustom Kulture Festival

Leave a Reply